Menteri Luhut Dibuat ‘Pusing’, Jumlah Peserta Pertemuan IMF-WB di Bali Terus Meningkat

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan didampingi gubernur Bali dan bupati Badung resmikan Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai (foto : agw)

Beritabalionline.com – Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, saat ini tim MTS IMF-World Bank sudah berada di Bali dan mulai bekerja. Hingga Jumat (21/9/2018) kemarin, pihaknya memperoleh data bahwa sudah 19 ribu orang peserta pertemuan akbar tersebut dipastikan datang ke Pulau Dewata.

“Angka ini membuat kita agak pusing karena permintaan kendaraan juga meningkat. Padahal kami sudah hitung dengan Korlantas Polri bahwa disini hanya bisa menampung sekitar 3400 kendaraan. Tapi sekarang mobil kecil sudah minta sampai 4000 kendaraan. Kita lagi ngatur jangan sampai kendaraan macet total,” kata Luhut saat meresmikan Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai, Tuban, Badung, Bali, Sabtu (22/9/2018)

Dijelaskan, studi yang dilakukan oleh Bapenas, dampak dari pelaksanaan IMF-World Bank di Bali pada Oktober mendatang, akan mampu menaikkan pertumbuhan ekonomi di Bali yang semula 5,9 persen menjadi 6,54 persen untuk tahun 2018.

“Dampaknya juga cukup signifikan karena mampu menciptakan 32.700 lapangan kerja. Dan ini penerimaan yang besar karena revenue (pendapatan) Bali akan bertambah Rp1,4 triliun, sehingga usaha kecil menengah semakin berkembang,” ujarnya.

Hal yang membanggakan sebut Luhut, pelaksanaan IMF-World Bank 2018 di Bali juga disebut sebagai ajang terbesar yang diselenggarakan di luar Amerika Serikat sejak pertama kali IMF-World Bank digelar pada tahun 1946.

“Mari kita bersama-sama membuat Bali ini tenang, kita jadi tuan rumah yang bagus, dan kita juga mendukung bapak Gubernur yang baru menjabat tapi langsung bisa membawa pertumbuhan ekonomi di Bali menjadi 6,54 persen. Ini saya kira suatu prestasi yang bagus untuk pemerintah,” ucap Luhut.

Terkait proyek Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai, dijkatakan Luhut, proyek ini selesai dikerjakan maju satu setengah bulan dari rencana awal. Memang Kementerian PU Pera sekarang ini sangat paten, hampir semua proyek-proyek nasional yang dikerjakan berjalan dengan baik.

Turut hadir dalam peresmian Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai Dirjen Kementerian PUPR, Gubernur Bali, Danrem 163/Wira Satya, Kapolda Bali diwakili Dirlantas Polda Bali, Bupati Badung, Ketua PHDI Bali, Kakanwil Agama Provinsi Bali dan undangan lainnya. (agw)