Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Pemkab Badung Gelar Gebyar Membaca

Foto ilustrasi.

Beritabalionline.com – Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Badung, melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat menggelar kegiatan gebyar Membaca guna meningkatkan minat baca masyarakat khususnya di kalangan generasi muda.

“Melalui kegiatan Gebyar Badung Mambaca ini saya berharap minat baca di kalangan pelajar meningkat, selain juga dapat memaksimalkan peran perpustakaan dalam upaya mewujudkan pendidikan dan bangsa yang kuat,” demikian Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa, saat menghadiri kegiatan tersebut di Pusat Pemerintahan Badung, Mangupura, Jumat (21/9/2018).

Dikatakannya, pendidikan yang kuat dan berdaya saing, harus didukung oleh perpustakaan yang kuat dan memuat banyak informasi dengan jangkauan sangat luas.

Menurut dia, perpustakaan terkadang dipandang sebelah mata, padahal ujung tombak pendidikan ada di perpustakaan. Maka dari itu, perpustakaan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan, perlu mendapat perhatian khusus karena fungsinya sebagai salah satu pusat informasi ilmu dan teknologi, pendidikan, penelitian serta rekreasi.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Badung, Ni Wayan Kristiani, mengatakan, Gebyar Badung Membaca bertujuan untuk meningkatkan minat baca di masyarakat dan siswa dengan memberdayakan perpustakaan yang telah tersedia.

“Kami harap, kegiatan ini juga dapat mendorong dan mengajak seluruh masyarakat untuk belajar, secara terus menerus menggalakkan gerakan membaca nasional melalui pemberdayaan perpustakaan, baik di lingkungan sekolah, masyarakat dan pemerintah,” pintanya.

Gebyar Membaca diisi dengan berbagai kegiatan yang diikuti perwakilan dari enam kecamatan seperti, lomba bercerita tingkat SD, membaca puisi tingkat SMP, mendongeng guru PAUD dan pemilihan Duta Baca Kabupaten badung.

Melalui kegiatan Gebyar Membaca diharapkan dapat menggugah semua pihak untuk menumbuhkan minat baca bagi para siswa minimal antara 10-15 menit sebelum pelajaran dimuai.

Sehari sebelumnya, Pemkab Badung telah meluncurkan aplikasi perpustakaan digital “i-Badung Digital Library” yang merupakan perpustakaan digital pertama di wilayah Provinsi Bali. (tra)