KPU Tetapkan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandi Jadi Capres-Cawapres Pemilu 2019

Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menetapkan pasangan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai calon presiden dan wakil presiden. KPU menyerahkan surat keputusan kepada Polri sebagai permintaan pengamanan.

Dengan ditetapkannya kedua pasangan tersebut, maka Polri pun secara simbolik memberikan surat pengamanan melekat kepada kedua pasangan.

“Hasil rapat pleno KPU RI menetapkan bahwa dua pasangan calon atau paslon yang telah mendaftar di KPU, yaitu Ir H Joko Widodo dan Prof Dr KH Ma’ruf Amin, serta H Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019,” jelas Ketua KPU RI, Arief Budiman di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018) sore.

Arief mengatakan penetapan ini dituangkan dalam Keputusan KPU RI Nomor 1131/PL.02.2-Kpt/06/IX/2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, tertanggal 20 September 2018. Tahapan selanjutnya yaitu pengundian nomor urut dua pasangan ini. Pengundian nomor urut dijadwalkan pada Jumat (21/9) besok.

Setelah bakal pasangan calon berubah statusnya menjadi pasangan calon, SK penetapan kemudian diserahkan KPU ke pihak kepolisian. Selain itu kepolisian juga menyerahkan secara simbolis SK tim petugas pengawalan pasangan capres-cawapres kepada KPU.

Surat dari kepolisian itu kemudian akan diserahkan ke masing-masing pasangan capres-cawapres. Sehingga para pasangan calon bisa mengetahui nama-nama petugas yang akan mengawal mereka sepanjang delapan bulan ke depan.

“Agar diketahui nama-nama siapa saja yang ditugasi untuk pengawalan sampai tahapan Pilpres nantinya,” pungkas Arief.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Ari Dono mengatakan pasangan capres-cawapres bakal dijaga 37 personel polisi yang sudah dilatih. Pengamanan itu melekat selama 24 jam.

BACA JUGA:  Ini Pesan Psikolog: Orangtua Yakinkan Anak Bahwa Covid-19 akan Berlalu

“Itu khusus di Jabodetabek. Kalau kegiatan di luar Jabodetabek setiap Polda mengamankan mulai dari penjemputan sampai di lokasi kegiatan,” kata Ari Dono di kantor KPU

Namun, khusus petahana yaitu Presiden Joko Widodo jumlah pengamanan masih sama seperti biasanya. “Khusus petahana melekat Paspampres,” katanya. (sdn/itn)