Amankan Pileg dan Pilpres 2019, Polda Bali Gelar Apel Pasukan Gabungan

Wakapolda Brigjen Pol I Wayan Sunartha periksa gelar pasukan Operasi Mantap Praja 2018. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Kepolisian Daerah Bali melakukan apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja 2018 yang diikuti ribuan personel gabungan dari Polri, TNI dan pecalang di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar.

“Polda Bali beserta jajaran mengerahkan 2888 personel dan dari Kodam IX/Udayana mengerahkan 2 ribu personel. Apel gelar pasukan ini diadakan serentak se-Indonesia dalam rangka mengecek kesiapan personil TNI Polri yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilu Pileg maupun Pilpres 2019 nanti,” kata Wakapolda Bali Brigjen Pol I Wayan Sunartha yang ditemui usai apel, Rabu (19/9/2018).

Petugas pecalang ikut apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja 2018. (foto : ist)

Wakapolda menambahkan, sebelumnya dalam Rakorda bersama Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali memberikan arahan berupa penekanan kepada seluruh anggota di lapangan apa yang harus lakukan kedepan.

“Karakteristik kerawanan kita di Bali hampir sama seperti yang disampaikan oleh Kapolri. Namun kita sudah melaksanakan cipta kondisi, koordinasi apa yang menjadi potensi-potensi kerawanan, dan itu sudah kita lakukan antisipasi,” ucapnya.

Mantan Kabinda Bali ini menambahkan, pihaknya telah mengajak Ketua KPU untuk memberikan penekanan tentang mekanisme Pemilu, dan kepada Bawaslu juga diingatkan untuk memberikan masukan potensi-potensi kerawanan yang mungkin dapat terjadi pada pemilu nanti.

“Dari kami mulai tiga bulan sebelumnya sudah melaksanakan kegiatan cipta kondisi dalam rangka antisipasi persiapan pengamanan Pileg dan Pilpres. Sehingga mekanisme pelaksanaan pemilu nanti dapat dilaksanakan dengan tertib dan lancar,” demikian Wakapolda. (agw)

 

BACA JUGA:  Tingkatkan Partisipasi Masyarakat, KPU Karangasem Gencarkan Sosialisasi