11 Polda Bantu Pengamanan Delegasi Pertemuan IMF-WB di Bali

Kombes Pol AA. Made Sudana. (foto : Kompas.com)

Beritabalionline.com – Sebanyak 11 Polda dari luar Pulau Dewata siap membantu pengamanan dan pengawalan para delegasi yang hadir dalam Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-WB), 8-14 Oktober 2018.

Hal itu disampaikan Dirlantas Polda Bali Kombes Pol Anak Agung Made Sudana disela-sela apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja 2018 yang diikuti ribuan personel gabungan dari Polri, TNI dan pecalang di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Rabu (19/9/2018).

Ke-11 Polda tersebut di antaranya Polda Jawa Timur, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Barat, Polda Sumatera Barat, Polda Kalimantan Barat dan Polda Kalimantan Timur.

Menurut Sudana, upaya ini dilakukan agar para delegasi IMF-WB yang datang ke Bali dapat melaksanakan pertemuan dengan lancar, karena Bali juga menjadi tujuan destinasi wisata dunia, sehingga pengamanan wilayah ini harus dijaga dengan kekuatan personel yang banyak.

Ke-11 Polda tersebut nantinya akan mengerahkan personel dan prasarana yang mendukung pengamanan kegiatan IMF-WB di Bali. Selain itu, pengaturan lalu lintas IMF-WB nanti juga akan dibantu anggota Korlantas Polri.

“Anggota kepolisian dari 11 Polda dan prasarana pengamanan, baik mobil patroli maupun lainnya, akan tiba di Bali pada 1 Oktober 2018,” terang Sudana yang juga selaku Satgas III Pengamanan IMF-WB.

Untuk pengamanan arus lalu lintas, kata Sudana, kepolisian tidak akan melakukan penutupan arus lalu lintas, namun saat para delegasi mendekati objek wisata GWK akan dilakukan rekayasa lalu lintas secara sementara.

“Rekayasa lalu lintas mulai dari jalan di Kampus Udayana di Bukit Jimbaran hingga ke lokasi GWK akan siap diatur dengan baik, sehingga delegasi VVIP menuju GWK tidak mengalami hambatan,” ujarnya.

BACA JUGA:  Gunung Agung Kembali Erupsi, BPBD Sebut Tidak Ada Hujan Abu

Ia mencatat ada 45 unit mobil para peserta IMF-WB yang merupakan tamu VVIP yang siap dikawal bersama paspampres. “Kami hanya menunggu jadwal kedatangan para delegasi, dan yang terpenting lagi akan ada kepala negara atau presiden yang datang ke Bali,” ucapnya.

Dia mengimbau kepada warga yang berada di sekitar lokasi pertemuan IMF-WB dan objek wisata GWK agar ikut membantu kepolisian untuk tertib berlalu lintas, khususnya pada sejumlah titik dan persimpangan jalan yang dilalui peserta IMF-WB agar tertib berkendara. (agw)