Ketua DPRD Bali Ingatkan Pelamar CPNS Tidak Gunakan Jasa Calo

 

Ketua DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama mengingatkan pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) agar tidak menggunakan jasa calo.

Hal itu disampaikan Adi Wiryatama di Denpasar, Selasa (18/9/2018). Ia mengatakan, pelamar CPNS harus belajar dari pengalaman sebelumnya, yaitu banyak yang kena tipu.

Untuk diketahui, pendaftaran CPNS di seluruh Indonesia, termasuk di Bali akan dilaksanakan mulai Rabu (19/9/2018).

Untuk proses CPNS pada tahun 2018, Adi berharap tidak ada yang menjadi korban tipu daya jasa para calo CPNS. “Jangan mudah percaya dengan janji manis calo CPNS. Sudah banyak yang jadi korban janji calo CPNS,” ujar mantan Bupati Tabanan dua periode itu.

Menurut politisi PDIP Perjuangan ini, calo tidak bisa membantu kelulusan CPNS, karena kelulusan ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar CPNS.

“Calo tidak bisa memperjuangkan kelulusan CPNS karena Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menggunakan sistem rekrutmen atau tes dengan sistem CAT. Soal ujian dikerjakan langsung di layar komputer yang terkoneksi ke server BKN. Peserta ujian langsung mengetahui hasilnya sesaat setelah ujian berlangsung,” terangnya.

Beda kalau ujian dengan sistem manual, lanjut Adi, ada peluang calo untuk bermain. Sekarang tidak bisa karena tes menggunakan sistem computer assisted test (CAT), hasilnya bisa langsung diketahui pelamar bersangkutan.

Dijelaskan, ada tiga keunggulan menggunakan sistem CAT, yakni menjamin hasil yang diperoleh peserta ujian dapat diketahui secara langsung tanpa perlu menunggu lama. Nilai hasil ujian akan langsung keluar setelah selesai mengikuti ujian.

Kedua, hasil ujian dengan CAT dapat dipertanggungjawabkan. Aksi peserta pada setiap soal termonitor dalam sistem yang memudahkan dalam audit jika terjadi hal tak terduga selama ujian berlangsung.

BACA JUGA:  Wisatawan Negeri Jiran Tewas Terseret Ombak Pantai Diamond, Nusa Penida

Ketiga, proses ujian dengan CAT dapat dipantau oleh semua pihak. Pergerakan nilai dari awal pengerjaan sampai dengan selesai dapat diikuti dan jawaban peserta dapat dilacak, demikian Adi Wiryatama. (tra)