Gianyar Siap Dinilai Tim Kemenpan RB

Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar, Ir. I Made Gede Wisnu Wijaya saat memimpin rapat persiapan evaluasi AKIP dan RB dari Kemenpan RB RI. (foto: yesi)

Beritabalionline – Pemerintah Kabupaten Gianyar siap menerima Tim Evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam penilaian Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (AKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2017 yang dijadualkan Rabu (19/9/2018).

Sehubungan dengan hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar,  Ir. I Made Gede Wisnu Wijaya mengumpulkan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Gianyar di ruang Kantor Bappeda dan Litbang Gianyar, Senin (17/9/2018). Hadir pada saat itu  Inspektur Kabupaten Gianyar, I Made Juanda,SE.MM, serta Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setda Kabupaten Gianyar I Gede Windia Berata,SE.MM.

Pada kesempatan itu, Sekda I Made Gede Wisnu Wijaya menegaskan agar masing-masing OPD segera mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam presentasi yang akan disampaikan pada tim evaluasi nanti.

Menurut Sekda Wisnu Wijaya, penilaian AKIP dan RB ini rutin dilakukan tiap tahun yang tujuannya untuk mendorong pemerintah  meningkatkan kinerja pemerintahan agar menjadi lebih baik.Tahun lalu, Pemkab Gianyar memeroleh nilai B kurus dalam evaluasi dari Tim Menpan RB. Untuk penilaian tahun 2017 ini diharapkan mampu memeroleh nilai BB atau B gemuk.

Ditambahkan oleh Sekda Wisnu Wijaya, dari 9 kabupaten/kota di Bali, ada 4 kabupaten/kota yang akan dinilai, salah satunya Kabupaten Gianyar.

“Ada pertimbangan khusus dari Kemenpan RB mengapa Gianyar mendapat kesempatan dinilai lagi. Ini adalah kehormatan bagi kita,” ujar Sekda Wisnu Wijaya. Tahun ini, dari 9 kabupaten/kota di Bali, ada 4 kabupaten/kota yang akan dinilai termasuk Kabupaten Gianyar.

Untuk itu pihaknya meminta kepala OPD untuk bersungguh-sungguh mempersiapkan segala sesuatunya. “Optimis kita berhasil karena ini didukung oleh pimpinan dan komitmen didukung semua OPD,” ucapnya.

Dalam penilaian, ditambahkannya, akan tergambarkan kinerja pemerintah melalui masing-msing OPD, pencapaian target dan yang terpenting adalah akan tergambar efisiensi penggunaan anggaran di masing-masing OPD.

BACA JUGA:  Klungkung Raih Penghargaan Kementerian Kesehatan

Sementara itu Kabag Ortal, I Gede Windia Berata juga memaparkan, penilaian akan dilakukan mulai 19 sampai 21 September di Hotel Sovereign Kuta-Bali.

Menurut Windia Berata, yang dinilai nanti adalah kinerja pemerintah Kabupaten Gianyar termasuk kinerja masing-masing OPD. Dalam penilaian tersebut, perangkat daerah nanti agar menyiapkan Evaluasi AKIP yang meliputi paparan kepala OPD, cascading kinerja perangkat daerah, IKU, renstra, renja/RKT 2017 dan 2018, perjanjian kinerja dan rencana aksi atas perjanjian kinerja 2017 dan 2018 dan LKJIP tahun 2017.

Hanya yang menjadi titik penegasan Windia Berata adalah nantinya dalam pemaparan, yang mendapat poin nilai yang cukup besar adalah penyampaian efisiensi anggaran di masing-masing OPD.

Sedangkan untuk Reformasi Birokrasi (RB) yang nantinya sebagai penunjang nilai AKIP adalah mencakup 8 area seperti manajemen perubahan, penataan dan penguatan organisasi, penataan peraturan perundang-undangan, penataan SDM, penataan tata laksana, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja dan peningkatan kualitas pelayanan. (yes)