Uang Rp 1 M Milik Setnov Dipindahkan ke Rekening KPK

Setya Novanto. (foto : nasional.tempo.co)

Beritabalionline.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemindahbukuan dari rekening narapidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto (Setnov) di Bank Mandiri ke rekening KPK sebesar Rp 1.116.624.197.

Pemindahbukuan dilakukan jaksa eksekusi pada Unit Kerja Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi (Labuksi) demi kepentingan pembayaran uang pengganti berdasarkan putusan Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

“Pemindahbukuan tersebut dilakukan jaksa eksekusi setelah mendapat surat kuasa dari Setya Novanto,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (13/9/2018).

Diketahui Pengadilan Tipikor memvonis Setya Novanto penjara 15 tahun. Selain itu, mantan Ketua DPR itu juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar USD 7.3 juta.

“Setya Novanto akan membayar kembali uang penggantinya yaitu dari penjualan asset bangunan rumah dan pemindahbukuan rekening di bank,” ucap Febri.

Febri mengatakan, Setya Novanto menyatakan kooperatif untuk membayar keseluruhan uang pengganti yang dibebankan tersebut. Sebelumnya Setnov sempat membayar Rp 5 miliar dan USD 100 ribu untuk mencicil uang pengganti.

“Pembayaran uang pengganti berdasarkan putusan pengadilan ini merupakan bagian dari upaya Unit Labuksi KPK untuk penyelamatan kerugian keuangan negara dalam konteks asset recovery,” demikian Febri. (sdn/itn)

 

BACA JUGA:  Kepala Daerah Diminta Tak Sebarkan Data Pribadi Warga Terjangkit Virus Corona