Underpass Ngurah Rai Selesai Lebih Awal, BBPJN Lakukan Uji Coba

Uji layak underpass oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBP JN) VIII (foto : agw)

Beritabalionline.com – Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBP JN) VIII melakukan uji layak Simpang Tugu Underpass Ngurah Rai sebelum resmi dibuka untuk umum.

Kasi Pembangunan dan Pengujian Jembatan BBPJN VIII Rum Auliyati mengatakan, uji layak underpass sepangan 912 meter ini merupakan uji adminitrasi seperti kelayakan kontruksi, uji multi, marka lalu lintas dan penunjang lainnya.

“Hari ini kami bersama-sama dengan pihak terkait melakukan survei sekaligus uji fungsi. Ada satu sampai enam foam, dimana masing-masing foam berisi penilaian baik dari kepolisian maupun perhubungan,” ucapnya, Senin (10/9/2018).

Tampak pengendara mobil dan sepeda motor melintas di Underpass Ngurah Rai. (foto : agw)

Auliyati menyebut, pengerjaan underpass merupakan suatu prestasi tersendiri lantaran proyek yang seharusnya selesai tanggal 20 Oktober tersebut bisa selesai di tanggal 31 Agustus.

“Kita mulainya bulan Oktober dan akhir Agustus 2018 sudah selesai. Untuk peresmian kami belum berani menyampaikan tanggal dan bulan berapa, karena semua masih tentativ. Namun rencananya tanggal 12 September besok digelar upacara melaspas,” jelasnya.

Usai uji adminitrasi, kurang lebih sekitar 30 menit dilakukan uji layak jalan dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat pengguna jalan melalui underpass dari arah Denpasar menuju Nusa Dua dan sebaliknya.

Di tempat yang sama, Kasat Lantas Polresta Denpasar Kompol Rahmawaty Ismail menyebutkan, dari uji coba sementara dapat dilihat jika underpass bisa mengurangi kemacetan 30 hingga 50 persen. Namun diakui kendati di underpass sudah lancar, masih terjadi penumpukkan kendaraan di By Pass Ngurah Rai depan Rama Tour.

“Kalau kami lihat kendalanya memang disana, depan Rama Tour karena ada tikungan, dulu pernah kita tutup tapi tidak ada dukungan dari masyarakat. Mungkin nanti kita coba duduk bersama, apalagi saat masuk underpass laju kendaraan akan kencang,” kata Kasat Lantas. (agw)

BACA JUGA:  Bupati Suwirta Optimalkan Program Gema Tansaplas