Kerap Telanjang, Satpol PP Amankan Orgil

Petugas Pol PP Gianyar meluluhkan hati Made Suci yang pengidap gangguan jiwa, untuk selanjutnya diantar ke RSJ Bangli.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Aparat Satpol PP Gianyar jumat (7/9/2018) memgamankan Ni Made Suci (40) pengidap gangguan jiwa (orgil) asal Cagaan Pejeng Kangin Tampaksiring, Perempuan paruh baya ini sudah mengidap gangguan jiwa sejak lulus SMA dan kerap bertelanjang di lingkungan rumahnya.

Hal ini membuat warga menjadi risih, terlebih dalam waktu dekat akan digelar upacara pernikahan suadaranya. Tak ingin acaranya terganggu akhirnya pihak keluarga mohon bantuan Satpol PP untuk mengamankan Made Suci untuk selanjutnya dirujuk ke RS Jiwa Bangli.

Dari keterangan orang tuanya, Nyoman Suri (65), anaknya Suci yang sebelumnya sempat stabil. Tapi, dalam beberapa bulan terakhir ini mulai meresahkan keluarga dan warga sekitarnya. Dia tidak pernah lagi mengenakan pakaian sehelai pun. “Saya jadi tidak enak dengan tetangga. Karena kerap keluar telanjang, maka saya sering menguncinya di dalam kamar, “ ungkap Suri.

Namun, jika dikunci terlalau lama, Suci kerap berontak. Hingga akhirnya jika ada yang menjaganya, maka Suci dibiarkan keluar kamar dengan catatan tetap di dalam rumah, “ Saat lahir hingga di bangku SMA, dia normal dan berprestasi di sekolah. Namun entah apa penyebabnya, semenjak tamat SMA, prilakunya mulai aneh dan semakin hari semakin lupa diri,” kenang Suri.

Kini, dalam satu pekarangan itu, keluarga besarnya akan menggelar hajatan upacara pernikahan. Dengan ulah Suci yang suka tetanjang itu, tentunya dikhawatirkan akan mengusik prosesi upacara. Karena itu, Made Suri dengan dibantu kelian banjar setempat memohon kepada petugas Pol PP untuk membantu membawa Suci untuk dititipkan sementara di RSJ Bangli. (yes)

BACA JUGA:  Pascaterbakar Pasar Anyar, Pemkot Denpasar Siapkan Tempat Relokasi Pedagang