Gubernur Koster Janjikan Pembangunan Shortcut Denpasar-Singaraja Selesai 2021

Penjabat Gubernur Hamdani (kanan) menyerahkan dokumen kepada Gubernur Bali I Wayan Koster. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan pihaknya akan merealisasikan program kerja dalam beberapa tahun ke depan, di antaranya pembangunan ‘shortcut’ yang menghubungkan Denpasar-Singaraja.

“Kami targetkan ‘shortcut’ selesai 2021. Tahun ini mulai titik 5 dan 6, tahun depan 3 dan 4, dan berlanjut terus,” ujar Koster disela-sela acara Serah Terima Jabatan Gubernur Bali pada Sidang  Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Provinsi Bali, di Denpasar, Sabtu (8/9/2018).

Acara Sidang Paripurna Istimewa tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama dengan dihadiri dengan segenap anggota DPRD Bali, mantan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Bali, bupati/wali kota se-Bali, tokoh-tokoh masyarakat, para camat, kepala desa, dan bendesa adat se-Bali.

Koster yang dilantik 5 September lalu oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, menyatakan tidak mengagendakan program kerja 100 hari untuk merealisasikan visi dan misi serta janjinya saat kampanye pemilihan kepala daerah beberapa waktu lalu.

Suasana Sidang Paripurna Istimewa Sertijab Gubernur dan Wakil Gubernur Bali di Gedung DPRD Bali. (foto : ist)

“Tidak perlu 100 hari, saya tidak ada agenda 100 hari. Yang ada itu ada agenda yang harus dilaksanakan dalam waktu lima tahun, ada yang bisa selesai satu bulan, dua bulan, enam bulan, setahun, dua tahun dan seterusnya,” kata Koster

Dia mencontohkan, yang tercepat akan direalisasikan seperti Peraturan Gubernur (Pergub) tentang “Rahina Mebasa Bali” atau hari berbahasa Bali dan penggunaan huruf Bali untuk berbagai fasilitas publik.

Pihaknya dalam kesempatan itu mengharapkan dukungan segenap rakyat Bali untuk dapat melaksanakan visi misinya “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” yang dituangkan dalam RPJMD, program tahunan, pendapatan dan belanja daerah.

BACA JUGA:  Gubernur Koster Sebut Pusat Kebudayaan Bali Dibangun Mulai 2020 dengan Dana APBN

“Mohon dukungannya agar kita kompak, solid, untuk membangun Bali secara bersama-sama, bergotong royong menuju era baru,” ucapnya didampingi Wagub Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati itu.

Koster berjanji tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan yang telah diberikan rakyat kepadanya. “Saya akan penuh amanah dan bertanggung jawab secara politik untuk memenuhi harapan masyarakat seperti yang saya janjikan saat kampanye,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hamdani yang mengemban tugas sebagai Penjabat Gubernur Bali dalam waktu kurang dari 10 hari itu, dengan acara serah terima jabatan itu resmi mengakhiri jabatannya.

“Tersingkat dalam goresan sejarah pemerintahan daerah. Kalau disampaikan kepada Jaya Suprana, saya bisa memperoleh rekor MURI,” ujar Hamdani berseloroh saat menyampaikan sambutan.

Untuk diketahui, dalam waktu kurang 10 hari, Hamdani menerima dua Keputusan Presiden, yaitu terkait pengangkatan dan terkait pemberhentian sebagai Penjabat Gubernur Bali. (agw)