Terkait Pertemuan IMF-WB, Kabupaten Badung Siagakan Ribuan Penjaga Kebersihan

DLHK Badung tangani kebersihan di seputaran Pantai Pulau Paninsula, Nusa Dua, dalam reangka sambut IMF-WB Annual Meeting 2018. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kabupaten Badung, menyiagakan sebanyak 1.100 petugas untuk menjaga kebersihan lingkungan, terkait rencana pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia pada Oktober mendatang.

Para petugas kebersihan itu sebagian besar akan ditempatkan di wilayah Kuta Selatan, sekitar 600 orang setiap hari akan terus menjaga kebersihan lingkungan, kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung, Putu Eka Merthawan, saat apel kesiapan DLHK jelang pertemuan IMF-WB 2018, di Nusa Dua, Badung, Jumat (7/9/2018).

Tidak hanya di wilayah Kuta Selatan, petugas kebersihan lain juga akan ditempatkan di sejumlah wilayah seperti di Pantai Kuta, Legian, Jimbaran, dan Seminyak dan berbagai titik wisata lain yang merupakan ikon dari Kabupaten Badung.

“Objek wisata di kawasan selatan seperti di kawasan Nusa Dua yang paling diminati dan mungkin akan dikunjungi delegasi IMF akan terus kami jaga kebersihannya. Selain itu, petugas juga akan kami tempatkan di objek wisata di wilayah utara seperti di Pura Taman Ayun, Puncak Mangu, Tukad Bangkung dan Hutan Kera Sangeh,” kata Eka Merthawan.

Ia menjelaskan, DLHK Badung juga telah membentuk tim Unit Reaksi Cepat (URC) yaitu, URC Perindang, URC Kebersihan dan URC khusus limbah yakni, tim Buru Sergap Perusak Lingkungan (Brusli).

“Kami siapkan tim URC yang ‘standby’ 24 jam. Dan karena pada bulan Oktober rawan terjadi angin muson barat, tim URC akan kami siagakan penuh di wilayah bentangan pantai barat agar bisa menangani sampah agar tidak terjadi pandangan negatif tentang Bali di dunia internasional,” terangnya.

BACA JUGA:  Izin Habis, Polresta Denpasar Tarik Dua Senpi yang Dipegang Personel

Eka Merthawan juga menambahkan, sebelum pelaksanaan pertemuan IMF-WB, pihaknya menargetkan seluruh pengerjaan taman seperti Taman Dewaruci, Taman Gatotkaca dan sejumlah taman lain akan selesai pada akhir bulan September. (tra)