Presiden Joko Widodo Lantik 9 Gubernur dan Wakil Gubernur

Sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur masa jabatan 2018-2023 dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.(foto : nusakini.com)

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sembilan orang gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023 dari Provinsi Bali, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pelantikan diawali dengan prosesi penyerahan petikan keputusan presiden (Keppres) di Istana Merdeka dan arak-arakan Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, diikuti seluruh gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik menuju ke Istana Negara.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD RI 1945, dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” kata Presiden Joko Widodo memimpin sumpah jabatan gubernur dan wakil gubernur 2018-2023 di Istana Negara Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Sembilan pasang kepala daerah yang dilantik itu berdasarkan Keppres Nomor: 152/P sampai dengan 156/P/2018 tertanggal 28 Agustus 2018, Keppres Nomor: 158/P tahun 2018 tertanggal 29 Agustus 2018, dan Keppres Nomor: 159/P sampai dengan 162/P tertanggal 4 September 2018.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menyerahkan petikan keputusan presiden untuk pengangkatan sembilan gubernur terpilih dan wakilnya di Istana Merdeka, Jakarta.

Penyerahan petikan kepada sembilan pasangan kepala daerah terpilih ini sebagai awal prosesi pelantikan kepala daerah pada pukul 09.30 WIB.

Penyerahan petikan Keppres ini secara berurutan kepada Gubernur Sulawesi Selatan terpilih Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Sudirman Sulaiman, Gubernur Sumatera Utara terpilih Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah, Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

BACA JUGA:  Kasus Positif COVID-19 Kini Tersebar di 34 Provinsi dan 389 Kabupaten/Kota, Total ada 45.047 ODP dan PDP 11.422 Orang

Menyusul, Gubernur Sulawesi Tenggara terpilih Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas, Gubernur Jawa Tengah terpilih Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen.

Selanjutnya Gubernur Bali terpilih I Wayan Koster dan Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Gubernur Kalimantan Barat terpilih Sutarmidji dan Wakil Gubernur Ria Norsan, Gubernur Papua terpilih Lukas Enembe dan Wagub Klemen Tinal, Gubernur Nusa Tenggara Timur terpilih Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wagub Josef Nae Soi.

Usai menerima petikan keppres pengangkatan, kesembilan pasangan gubernur-wakil gubernur terpilih ini diarak oleh pasukan drumband Paspampres menuju Istana Merdeka untuk melakukan prosesi sumpah jabatan oleh Presiden Joko Widodo. (sdn/itn)