Pemkot Denpasar-Universitas Tottori Jepang Jalin Kerja Sama Bidang Pendidikan

Perwakilan dari Tottori University, Jepang bertemu Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kota Denpasar, menjalin kerja sama dengan Universitas Tottori Jepang di bidang pendidikan sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan kedua belah pihak.

Sekretaris Daerah Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara didampingi Kadis Dikpora Wayan Gunawan saat menerima dosen dan mahasiswa Universitas Tottori Jepang, di Denpasar, Rabu (5/9/2018), mengatakan, dalam meningkatkan kualitas pendidikan, pihaknya terus menjajagi kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di dalam maupun luar negeri.

Dikemukakan, kehadiran dosen dan mahasiswa Universitas Tottori merupakan implementasi kerja sama antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Pemerintah Jepang di berbagai bidang sejak enam tahun lalu.

“Pemerintah Kota Denpasar sangat mengapresiasi kerja sama dengan Universitas Tottori di bidang pendidikan dan kebudayaan tersebut. Kerja sama semacam ini sangat penting guna menunjang peningkatan mutu pendidikan di Kota Denpasar yang menjadi dasar pembangunan perkotaan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kota Denpasar, Prof Dr. Putu Rumawan mengatakan pihak Universitas Tottori sudah beberapa kali melakukan kerja sama dengan berbagai instansi pendidikan di kota Denpasar.

Dijelaskan, mahasiswa dari Universitas Tottori akan tinggal beberapa hari di Denpasar dan mengajarkan secara gratis bahasa serta kebudayaan Jepang melalui lembaga kursus Bahasa Jepang Mataken Gakko.

Seorang mahasiswa Universitas Tottori, Shigematsu Rika mengaku sangat antusias dapat mengikuti program mengajar di Kota Denpasar. “Saya lihat masyarakat kota Denpasar sangat ramah dan bersahabat. Tentu pengalaman yang saya dapatkan di sini menjadi hal yang sangat berharga,” ujarnya. (tra)

BACA JUGA:  Kedubes Jepang Observasi Lapangan di Klungkung