Byar Pet.! Listrik Padam, PLN Sebut Kerusakan Terjadi di Luar Bali

Ilustrasi.

Beritabalionline.com – Selama kurang lebih dua jam aktifitas masyarakat Bali pada Rabu (5/9/2018) sore, terganggu. Hal ini disebabkan listrik yang padam secara tiba-tiba akibat adanya gangguan di seluruh wilayah Pulau Dewata.

Manajer Distribusi PLN Distribusi Bali Eko Mulyo H W, dalam keterangan pers di Denpasar, Rabu (5/9/2018), mengatakan, blackout atau padam total sistem kelistrikan di Bali diawali adanya gangguan di PLTU Pacitan, disusul Sutet Payton mati, serta Pembangkit PLTU di Payton juga turut terganggu.

“Sistem kelistrikan di Bali sebanyak 25 persen disuplai dari Jawa lewat kabel laut. Oleh karena sistem di Payton padam secara tiba-tiba, sistem di Bali kehilangan suplai yang cukup besar hingga menjadi blackout,” terangnya.

Manajer Distribusi PLN Distribusi Bali Eko Mulyo H W (kiri) dan Manajer Komunikasi, Hukum, dan Administrasi Ferial Maricar (foto : agw)

Eko Mulyo yang didampingi Manajer Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PLN Distribusi Bali, Ferial Maricar juga menyatakan bahwa managemen PLN minta maaf kepada masyarakat atas peristiwa listrik padam. Saat ini PLN masih melakukan upayakan penormalan secara bertahap.

“Untuk penormalan kami utamakan pembangkit besar di antaranya PLTU Celukan Bawang. Tadi sudah diawali proses, dikirimi dulu tegangan dari Jawa, masuk ke Gilimanuk, dan bertahap ke PLTU Celukan Bawang, sehingga PLTU bisa membangkitkan daya listriknya,” jelasnya.

Di Bali sudah 75 persen listrik telah menyala dan secara bertahap akan kembali normal. Sedangkan untuk penyebab gangguan masih dilakukan investigasi dan akan ada penjelasan resmi dari PLN pusat.

“Ini baru pertama kali terjadi di 2018. Tahun 2017 belum pernah terjadi dan tak pernah mengalami listrik padam apalagi hingga menyebabkan blackout. Kita harapkan hari ini kondisi listrik di Bali sudah pulih 100 persen,” demikian Eko Mulyo. (agw)

BACA JUGA:  Gubernur Bali Minta Pemerintah Pusat Keluarkan Kebijakan Khusus Genjot Pemulihan Ekonomi