Bupati Suwirta Hadiri Upacara di Pura Gunung Mas

Bupati Nyoman Suwirta saat hadir pada rangkaian upacara dewa yadnya di Desa Klumpu, Nusa Penida sekaligus menyerahkan punia kepada panitia karya.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta menghadiri  serangkaian upacara dewa yadnya, yakni karya mamungkah, mendem pedagingan, ngenteg linggih, panca rupa, panca kelud, wraspati kalpa agung, di Pura Gunung Mas, Banjar Waru Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, baru-baru ini.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Wayan Getom, Pura Gunung Mas diempon oleh masyarakat Banjar Waru, dengan jumlah pengempon 166 KK. Biaya yang dikeluarkan oleh masing-masing KK berjumlah Rp 1.500.000. Kegiatan dimulai dari tanggal 27 Juli 2018 yakni kegiatan matur piuning, maguru piduka dan nanceb taring. Puncak upacara dilaksanakan pada Rabu, 29 Agustus 2018 dipuput oleh Ida Pandita Nabe Rsi Agung Dwijaksara dari Pesraman Gria Agung Panaraga Purna Ashram.

Bupati Suwirta dalam menghadiri bakti penganyar pada rangkaian upacara karya mamungkah, mendem pedagingan, ngenteg linggih, panca rupa, panca kelud, wraspati kalpa agung,  mendoakan supaya masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bali dan Klungkung supaya mendapatkan kerahayuan dan mendoakan upacara karya ini berjalan dengan baik dan labda karya.

Seusai melakukan proses persembahyangan, Bupati Suwirta menyerahkan dana punia yang diterima oleh Ketua Panitia setempat. Turut hadir dalam upacara bakti penganyar, seperti Camat Nusa Penida I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Perbekel Desa Klumpu I Ketut Biasa beserta masyarakat setempat. (ryn)

BACA JUGA:  1.000 Penari Pendet Semarakkan Gebyar PAUD Kota Denpasar