Hamdani Minta Masyarakat Bali Manfaatkan PB3AS untuk Sampaikan Aspirasi

Penjabat Gubernur Bali Hamdani saat berorasi di Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) (foto : Ist)

Beritabalionline.com – Keberadaan Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) merupakan suatu inovasi yang luar biasa di dalam mengelola respon pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Hal ini disampaikan Penjabat Gubernur Bali Drs. Hamdani, MM, MSi, Ak., dalam orasinya di PB3AS, Minggu (2/9/2018).

“Keberadaan Podium yang rutin digelar Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali setiap minggunya ini telah memberikan ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan permasalahan khususnya yang terkait dengan pelayanan publik. Untuk itu saya mengajak masyarakat Bali untuk memanfaatkan keberadaan Podium ini,” ucapnya.

Ditambahkan oleh Hamdani, PB3AS merupakan sebuah ikon inovasi keterbukaan kepada masyarakat yang luar biasa, mengingat yang bisa merasakan pelayanan pemerintah sudah baik atau belum itu adalah masyarakat itu sendiri.

“Untuk itu mari manfaatkan podium ini, sampaikan aspirasi disini, dan kita pemerintah sangat terbuka dalam menerima semua aspirasi dan masukan dari masyarakat,” imbuhnya.

Lebih jauh, Hamdani juga meminta kepada seluruh jajaran OPD untuk selalu mencatat setiap masukan yang disampaikan masyarakat dan tentu saja menindaklanjutinya dengan mengkomunikasikan ke tingkat pusat atau kabupaten kota jika itu merupakan kewenangan pemerintah pusat atau pemerintah kabupaten/ kota, dan segera mengeksekusi jika itu merupakan kewenangan pemerintah provinsi.

Pada bagian lain, Hamdani menyampaikan bahwa pelayanan publik kepada masyarakat tidak bisa terlepas dari pada anggaran, untuk itu masyarakat juga perlu mengetahui terkait tingkatan kewenangan yang ada beserta dengan prosedur penganggarannya.

“Podium ini dapat menampung semua aspirasi yang disampaikan, tindak lanjut dan eksekusinya nanti akan diselesaikan sesuai dengan tingkatan kewenangan yang ada. Pelayanan publik adalah hal yang utama, dan podium ini adalah suatu gagasan luar biasa untuk menyerap dan merespon layanan yang kita berikan guna  memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ucapnya. (agw)

BACA JUGA:  Imbas Covid-19, Laju Pertumbuhan Ekonomi Gianyar Turun