Sengketa Pemilu Partai Demokrat Dengan KPU, Bawaslu Akhirnya Bacakan Putusan Mediasi

Bawaslu bacakan sengketa Partai Demokrat dengan KPU.(foto:ist)

Beritabalionline.com – Setelah melewati dua kali mediasi, Bawaslu Karangasem akhirnya membacakan putusan mediasi sengketa pemilu antara Partai Demokrat dengan KPU Karangasem, Rabu (29/8/2018).

Pembacaan putusan ini, dipimpin oleh Ketua Bawaslu, Putu Gede Suastrawan didampingi anggota, Kadek Puspa Jingga, Nengah Putu Suardika, Diana Devi dan Wayan Merta Dana yang dihadiri oleh kedua belah pihak, yakni pihak Partai Demokrat yang dihadiri langsung oleh Ketua DPC, IGede Sumantara Ady Pranatha bersama Sekretaris DPC Nyoman Karya Kartika. Sedangkan dari pihak termohon yaitu KPU dihadiri oleh Ketua KPU, Putu Deasy Natalia.

Sesuai hasil kesepakatan kedua belah pihak saat dilakukan mediasi yang berlangsung beberapa waktu lalu, termohon dalam hal ini KPU Karangasem mengabulkan permohonan dari Partai Demokrat secara keseluruhan.

Dengan dikabulkannya permohonan dari Partai Demokrat tersebut, Konsekuensinya yakni KPU Karangasem membatalkan SK KPU Karangasem No. 96/HK 03.1-Kpt/5107/KPU. Kab/VIII/2018, tentang penetapan daftar calon sementara anggota DPRD Karngasem dalam Pileg 2019.

Sementara itu, dari pihak termohon juga harus membatalkan berita acara No. 460/PL.01.4-BA/5107/Kab/VIII/2018. Calon Ketut Nadri di Dapil 6 agar melengkapi berkas perbaikan.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi yaitu berupa salinan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, surat keterangan dari Kejaksaan menerangkan bahwa yang bersangkutan terpidana karena kealpaan ringan dan tidak menjalani hukuman dalam penjara.

Selain itu, juga harus membawa surat dari pimpinan media bahwa yang bersangkutan telah mengemukakan kepada publik sebagai terpidana, bukti pernyataan pengumuman yang telah ditayangkan lewat media serta mengubah daftar riwayat hidup.

Semua yang harus dilengkapi tersebut agar dilaksanakan paling lambat 3 hari setelah Putusan Bawaslu ini dibacakan.

Disisi lain, usai Pembacaan Putusan mediasi tersebut, Ketua DPC Partai Demokrat, I Gede Sumantara Ady Pranatha mengatakan, selaku ketua Partai dirinya mengucapkan terimakasih atas keputusan Bawaslu yang sangat bijaksana sehingga kami punya kader bisa maju dan melengkapapi surat surat lebih lanjut.

BACA JUGA:  Detik-Detik Proklamasi Wajib Bunyikan Kulkul

“Hasil mediasinya sangat memuaskan, surat suratnya akan kita kengkapi besok,” kata Sumantara.(arz)