Gelang Tridatu Tembus Pasar Eropa dan Amerika

Gelang tridatu, buatan perajin Bali. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Produk kerajinan gelang tridatu yang dibuat Ida Bagus Putra Winangun Wibisana dari Desa Penarungan, Buleleng, banyak diminati masyarakat lokal maupun internasional. Bahkan, belakangan produk ini sudah mampu menembus pasar internasional, seperti Eropa dan Amerika.

Selain itu, produk kerajinan yang digali dari nilai-nilai budaya lokal ini juga berhasil menembus pasar Negara Asia, seperti Jepang, Hong Kong, dan Islandia.

Menurut Wibisana, gelang tridatu dibuat dari bahan benang wol tiga warna, yaitu merah, putih dan hitam. Untuk menarik perhatian konsumen terhadap produk ini, ia mengaku membuat dengan beragam dasain.

“Selain menonjolkan unsur seni dan budaya lokal, gelang tridatu yang diekspor juga dibuat dengan desain bergaya modern, sehingga tidak terkesan ketinggalan zaman,” terang Wibisana yang ditemui di Singaraja, Kamis (30/8/2018).

Dengan daya kreatif semacam itu, imbuhnya, kerajinan gelang tridatu yang diproduksinya tersebut tidak lagi tampak sebagai produk kerajinan lokal yang hanya cocok dipakai oleh orang lokal saja. Namun juga punya citra modern yang bisa dan cocok dipakai oleh siapa saja, termasuk masyarakat dari berbagai negara.

Wibisana yang mengaku menekuni kerajinan gelang tridatu sejak 2013 lebih jauh menjelaskan, untuk memberikan kesan modern pada gelang tridatu, ia mengolaborasikan rajutan benang wol dengan variasi material lain seperti perak dan emas, serta bahan lainnya.

Untuk produk kerjinan gelang tridatu buatannya, Wibisana membandrol antara Rp80 ribu sampai Rp1 juta lebih, tergantung jenis, desain dan material yang digunakan. (tra)

BACA JUGA:  Lembaga Keuangan Dunia Siap Biayai Proyek Pembangunan PLTP RI