Prioritaskan Sektor Kesehatan

Bupati Made Agus Mahayastra disela-sela sidang paripurna
istimewa di ruang sidang DPRD Gianyar. (foto: yesi)

Beritabalionline.com – Bupati dan Wakil Bupati Gianyar tertpilih, Made Agus Mahayastra-AA Gde Mayun (Aman) sudah ditetapkan dalam sidang paripurna istimewa di ruang sidang DPRD Gianyar, Senin (27/8/2018).

Untuk pelantikannya direncanakan tanggal 20 September 2018 dan tinggal menungguSK Gubernur Bali. Sejumlah program yang sudah dituangkan dalam visi dan misi akan dijadikan prioritas, salah satunya sektor kesehatan.

Made Mahayastra menegaskan jika pihaknya sudah menginstruksikan pelaksana harian (Plh) Bupati Gianyar, Made Gde Wisnu Wijaya, yang juga Sekda Gianyar untuk mengakomodir anggaran dalam merealisasikan visi dan misi AMAN di tahun 2019.

“Yang pertama kami akan lakukan adalah membuat Perda RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), sebagai dasar untuk melaksanakan visi dan misi yang telah disampaikan kepada masyarakat secara luas. Kami sudah menyampaikan kepada Plh Bupati Gianyar, untuk mulai mengakomodir itu,” kata  Mahayastra.

Salah satu program dari RPJMD ini adalah melanjutkan pembangunan RS Sanjiwani Gianyar. Sebab menurutnya, sebagian besar bangunan RS Sanjiwani saat ini, kondisinya sudah relatif tua. Pihaknya juga akan menambahkan jumlah kamar inap kurang lebih 300 unit. Dengan bertambahnya jumlah kamar, pihaknya juga melakukan perubahan secara signifikan terhadap jumlah pasien di setiap ruangan.

Seperti, ruang kelas III yang sekarang diisi delapan pasien, akan diubah menjadi empat pasien. Ruang kelas II yang sekarang melayani empat pasien hanya akan melayani dua pasien. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pasien.

“Kami sudah plot anggarannya Rp 140 Miliar. Selain merubah jumlah pasien pada setiap kamar, kami juga akan lengkapi RSUD ini dengan president suite. Sebab di Gianyar ada Istana Kepresidenan. Jika nanti siapa tahu ada kepala Negara atau menteri yang mendadak sakit, kami sudah siap untuk menanganinya,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pengendara Motor Lolos dari Maut Setelah Tergencet Pohon Tumbang

Bahkan Mahayastra menegaskan, tahun 2020 atau 2021, pihaknya akan membangunan RS baru di kawasan Gianyar Barat, yang mudah diakses masyarakat di Kecamatan Payangan, Ubud dan Tegallalang. Hal ini dilakukan untuk menjawab kegelisahan masyarakat, sebab selama ini keresahan masyarakat, jika ke RSUD Sanjiwani, mereka kejauhan. Sementara jika ke RS swasta terdekat, karena memakai BPJS, kamar kelas tiganya selalu dikatakan penuh.

Diakui saat ini Puskesdmas Payangan sudah melayani rawat inap dengan 44 bed. “Mugkin nantinya akan ditambah UGD serta penambahan ruang rawat inapnya lagi, sahingga bisa melayani lebih anyak pasien,” ujarnya.

Selain memperbaiki fasilitas kesehatan, Made Mahayastra juga mengatakan akan menambah anggaran kesehatan gratis untuk masyarakat Gianyar di tahun 2019. Penambahan tersebut sekitar Rp 5 Miliar hingga Rp 10 Miliar. (yes)