Kunjungi Kodam IX/Udayana, Angkatan Darat Australia Pererat Kerjasama dengan TNI-AD

Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri menyerahkan cinderamata kepada Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Australia, Mayor Jenderal Justin Jake Ellwood, DSC. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Australia, Mayor Jenderal Justin Jake Ellwood, DSC, bersama 10 staf Angkatan Darat Australia melakukan kunjungan kehormatan ke Kodam IX/Udayana, Selasa (28/8/2018) siang.

Kedatangan delegasi Angkatan Darat Australia yang disambut Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri mewakili Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, guna meningkatkan jalinan kerjasama dan silaturahmi antara TNI Angkatan Darat, khususnya TNI Angkatan Darat jajaran Kodam IX/Udayana.

Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan Army to Army Staff Talk TA 2018 antara TNI Angkatan Darat dengan Angkatan Darat Australia, yang kegiatannya dilaksanakan di Bali selama empat hari mulai dari tanggal 27 sampai dengan 30 Agustus 2018.

Kunjungan Angkatan Darat Australia ke Makodam IX/Udayana (foto : ist)

Dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam, Pangdam IX/Udayana menerangkan bahwa antara Indonesia dan Australia memiliki hubungan kerjasama diplomatik yang sangat baik. Sehingga kunjungan seperti ini mempunyai nilai strategis dan sangat penting dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama antara Angkatan Darat Indonesia dengan Angkatan Darat Australia.

“Melalui kunjungan resmi ini kita dapat bertukar informasi, saling memberi masukan atau semacam studi banding guna mengoptimalkan peran dan tugas Tentara Nasional Angkatan Darat kedua negara,” kata Kasdam.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Australia menanyakan tentang peran TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara yang tergabung sebagai Satgas dalam mengatasi dampak gempa Lombok.

Kasdam menjelaskan bahwa TNI-AL dan TNI-AU sama-sama berperan dalam mengatasi dampak musibah gempa Lombok sesuai dengan kapasitas dan kemampuan personil maupun alat yang dimiliki masing-masing satuan.

Usai kunjungan, pimpinan delegasi Angkatan Darat Australia memberikan apresiasi terkait dengan tugas pokok Kodam IX/Udayana dan implementasinya dalam melaksanakan tugas pertahanan sebagai bagian dari Tentara Nasional Indonesia.

Pimpinan rombongan juga berharap kedepan silaturahmi dan kerjasama seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan terus ditingkatkan. Kunjungan yang berjalan dalam suasana penuh keakraban diakhiri dengan tukar menukar cindramata dan foto bersama. (agw)