Kepercayaan Publik Terhadap Parpol Masih Rendah

Ilustrasi Parpol.

Beritabalionline.com – Charta Politika merilis hasil survei, soal kepercayaan publik terhadap partai politik. Hasilnya, 45,8 persen responden menilai partai politik menjadi lembaga yang tidak bisa dipercaya.

“Publik masih kurang percaya terhadap partai politik, tingkat kepercayaan terhadap Parpol hanya 32,5 persen, sedangkan tidak menjawab 15,9 persen,” papar Manajer Riset Charta Politika Muslim Tanja dalam rilis survei bersama Asumsi di Penang Bistro, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018).

Muslim menjelaskan, rendahnya ketidakpercayaan publik terhadap Partai Politik sangat beralasan. Sekurangnya, ada tiga yang mendasari hal tersebut, seperti kerja parpol yang belum dirasakan, ramainya kader parpol yang korup di parlemen, dan kedekatan mereka ke masyarakat secara emosional masih kurang.

“Kedekatan publik terhadap parpol memang sangat rendah, Party ID (identification) rata-rata di bawah 20 persen. Fungsi mereka juga masih sangat minim, kerja belum dirasakan, juga tindakan korup anggota dewan yang mana berasal dari kader Parpol,” nilai Muslimin.

Karenanya, Muslim mendorong setiap parpol bisa mengirimkan caleg terbaiknya untuk duduk di kursi parlemen. Harapannya, dengan kinerja baik sebagai wakil rakyat, maka citra Parpol bisa pula menjadi lebih baik.

“Jadi yang akan bertanding besok itu caleg itu bisa memperbaiki citra DPR, karena secara institusi dipengaruhi anggota dewan yang berasal dari Parpol itu,” beber Muslimin.

Sebagai informasi, Metodologi survei digunakan adalah phone survei, dilaksanakan dari tanggal 23-26 Agustus 2018. Tersebar di 8 kota besar (Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar).

Jumlah responden sebanyak 800 orang yang tersebar secara proporsional berdasarkan populasi pengguna telepon di 8 kota besar tersebut.

Pemilihan responden dilakukan dengan melakukan pengacakan sistematis. Toleransi kesalahan phone survei (margin of error) 3.46% pada tingkat kepercayaan 95%. (sdn/itn)

BACA JUGA:  Lukisan Abstrak Sorang Balita Dibandrol Jutaan Rupiah