Presiden Lantik Agus Gumiwang Jadi Mensos Gantikan Idrus Marham

Presiden Jokowi lantik Agus Gumiwang sebagai Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham. (foto : Merdeka.com)

BBO.COM – Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri. Pelantikan Agus sebagai Mensos digelar di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/8/2018) sekitar pukul 15.30 WIB.

Pelantikan Agus berdasarkan Keppres Nomor 148p Tahun 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode tahun 2014-2019.

Kepada wartawan Jokowi mengungkap alasan memilih Politikus Golkar Agus Gumiwang sebagai Menteri Sosial baru. Agus dipilih setelah Idrus Marham memutuskan mundur dari menteri sosial karena ingin fokus hadapi masalah hukum di KPK.

“Pertama karena kapasitas beliau kita semua tahu dan beliau di DPP juga berkaitan dengan Kesejahteraan. Saya kira pilihan kita tidak jauh-jauh, tidak meleset,” kata Jokowi di Istana.

Jokowi pun berpesan kepada Agus Gumiwang untuk segera fokus dalam menangani masalah gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain itu, Jokowi juga mengingatkan soal penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Tugas khususnya ya segera menyelesaikan Masalah yang ada di NTB dan masalah-masalah yang berkaitan dengan persiapan untuk PKH di 2019. Itu saja,” kata Jokowi.

Sementara soal status Agus Gumiwang yang menjadi bagian dalam struktur tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019, Jokowi mengaku tak tahu. Dia menekankan, yang terpenting saat ini adalah kinerja kementerian.

“Ini baru siang tadi diputuskan. Kita juga enggak hapal pak Agus di tim kampanye yang apa. Kita nanti lihat saja. Yang paling penting, utamanya tugas kementerian, jangan sampai berimbas oleh masalah,” tutup dia. (tra/itn)

BACA JUGA:  Kapolri Sebut Tim Sedang Bekerja Mencari Harun Masiku