75 Persen Umat Islam Puas dengan Kinerja Jokowi

Presiden Joko Widodo.

BBO.COM – Mayoritas umat Islam merasa puas dengan kinerja Joko Widodo atau Jokowi selama menjadi Presiden RI. Tren tersebut diketahui melalui hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar menyampaikan, penilaian responden atas yang sangat puas dengan kinerja Jokowi sebanyak 7,4 persen, cukup puas 67,60 persen, tidak puas 19,90 persen, sangat tidak puas 1,60 persen dan tidak tahu atau tidak menjawab 3,50 persen.

“(Total) 75 persen umat merasa sangat puas atau puas dengan dengan kinerja Jokowi sebagai presiden,” kata Rully di Kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (24/8/2018).

Selain itu, faktor yang membuat Jokowi masih dipercaya umat Islam adalah perasaan terwakili lantaran memilih ulama sebagai calon wakil presidennya.

Karakter Jokowi pun banyak lebih unggul daripada Prabowo Subianto dalam survei di segmen jujur dengan 76,0 persen, nasionalis 83,3 persen, agamis 70 persen, perhatian pada rakyat 83,3 persen dan mampu mengambil keputusan dengan tegas 69,2 persen.

“Sementara Prabowo unggul di karakter pintar dengan 88,6 persen dan berwibawa sebagai pemimpin 77,4 persen,” jelas dia.

Masyarakat juga dinilai antusias dengan program penguatan ekonomi umat dengan kategori suka sebesar 84,7 persen, biasa saja 6,7 persen, dan tidak suka 0,8 persen.
“MUI di bawah kepemimpinan Ma’ruf Amin yang mempeloporinya,” Rully menandaskan.

Survei tersebut dilakukan pada 12 Agutus sampai dengan 19 Agustus 2018. Metode yang digunakan adalah Multistage Random Sampling dengan 1200 responden melalui kuesioner interview tatap muka. Margin of error penelitian tersebut kurang lebih 2,9 persen. (tra/itn)

BACA JUGA:  Perkuat Identitas Budaya Indonesia, Moeldoko Dukung Usulan Hari Kebaya Nasional