Wapres JK Puji Anthony Ginting sebagai Pahlawan

Anthony Ginting mengalami cidera pada bagian lutut di laga final bulutangkis beregu putra. (foto : Reuters/Beawiharta)

BBO.COM – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memuji semangat pebulutangkis putra Indonesia, pada partai final beregu putra Indonesia vs China di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (22/8) malam. Terlebih untuk Anthony Ginting yang cedera saat melawan pebulutangkis putra China Shi Yuki.

“Ya luar biasa semangatnya itu yang pertama kita akui. Menang kalah itu soal kedua, tapi semangatnya luar biasa. Apalagi ginting. Anthony Ginting. Luar biasa. Merangkak dia ini,” ujar JK di kantor Wapres, Kamis (23/8/2018).

Wapres mengapresiasi daya juang Anthony Ginting yang tak mau menyerah meski dihantam cedera. Bahkan, JK tak segan menyebut Anthony sebagai seorang pahlawan.

“Jadi saya bilang ada dua pahlawan pada waktu ini. Si Joni dari NTT dan Ginting ini. Luar biasa semangatnya, dia pakai semangat 45. Luka pun dia tetap, cedera pun dia tetap ingin bangkit,” kata JK.

Dia tidak mempersoalkan meskipun tim Indonesia kalah. Bagi JK, itu nomor dua. Justru semangat dan daya juang untuk bangsa dan negara adalah yang nomor satu.

 JK sudah meminta tim medis untuk meneliti kejadian cedera yang menimpa para atlet Indonesia. Selain Ginting, ada atlet balap sepeda Indonesia yang juga mengalami cedera.

“Apakah terlalu semangat atau ada masalah lain. Tentu bagian para ahli sport scientist meneliti,” tutupnya.

Untuk diketahui, di partai pertama beregu putra, Anthony menang dengan skor 21-14. Pada set kedua, giliran Chen Long menang 23-21. Di set ketiga, tepatnya saat kedudukan 20-21, cedera kaki memaksa Anthony menghentikan pertandingan.

Anthony langsung dibawa ke ruang medis untuk mendapat perawatan. Presiden Jokowi yang menyaksikan sejak awal pertandingan itu, langsung menjenguk Anthony. Kepala negara memuji perjuangan pantang menyerah Anthony.

BACA JUGA:  Badung Raih Emas dari Voli Pasir

“Masyarakat Indonesia bangga dengan perjuangan Anthony. Kamu telah memberikan yang terbaik,” ucap Presiden. (sdn/itn)