Umat Muslim di Pulau Dewata Rayakan Idul Adha

Tenaga Kesehatan Hewan Pemkot Denpasar lakukan pemeriksaan hewan kurban layak atau tidak untuk dikonsumsi. (foto : ist)

BBO.COM – Umat Islam di Pulau Dewata, Bali, memperingati Idul Adha pada 10 Dzulhijah 1439 H atau Rabu (22/8/2018). Mereka berkumpul di masjid-masjid untuk merayakan salah satu hari raya terpenting dalam kalender Islam itu.

Dengan mengingat ketaatan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan anaknya atas perintah Allah SWT, para warga Muslim menandai hari raya itu dengan menyembelih hewan qurban, seperti domba, kambing dan sapi.

Daging hewan kurban tersebut kemudian dibagi-bagikan kepada para mustahiq, seperti kaum papa, serta keluarga dan handai taulan.

Di Masjid Al Hasanah Canggu Permai, Desa Tibubeneng, Kabupaten Badung, Bali, misalnya. Di tempat ini disediakan 110 ekor kambing dan 9 ekor sapi. Ketua Panitia Qurban Masjid Al Hasanah, Muamar Hanafi mengatakan, hewan kurban tersebut hasil dari menjual dan titipan dari jemaah.

“Kita ada 100 lebih ekor kambing dan 9 ekor sapi. 11 ekor kambing nantinya kita salurkan ketempat-tempat yang juga ingin membagikan hasil daging kurban ini di lingkungan tempat tinggalnya,” ujarnya.

Sementara di tempat terpisah, puluhan jemaah masjid Al Amanah Gedung Keuangan Denpasar menggelar buka puasa bersama dalam menyambut Idul Adha dengan bertakbir, Selasa (21/8/2018).

Bertepatan dengan tanggal 9 Zulhijjah umat Islam disunnahkan berpuasa yang faedahnya menghapuskan dosa setahun lalu dan dosa setahun kemudian. Banyak jemaah yang berupaya mengambil ibadah tersebut.

Masjid Al Amanah ikut memfasilitasi untuk buka puasa bersama. Ibadah puasa dan shalat terlihat khidmat dilakukan. Usai waktu shalat jamaah pun menyambut Hari Raya yang juga disebut Idul Qurban itu dengan lantunan takbir.

Perayaan Idul Adha kali ini berlangsung pada saat rangkaian tahunan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi, hampir berakhir. (tra)

BACA JUGA:  Penemuan Mayat di Kolong Jembatan Gegerkan Warga Hasanudin Denpasar