Gubernur Pastika Kukuhkan Siswa SMAN dan SMKN Bali Mandara Tahun 2018/2019

Gubernur Mangku Pastika kukuhkan 286 siswa SMAN dan SMKN Bali Mandara tahun 2018/2019, Selasa (21/8/2018). (foto : Klik Singaraja)

BBO.COM – Gubernur Bali, Made Mangku Pastika mengukuhkan sebanyak 286 siswa baru tahun pelajaran 2018/2019 di SMAN dan SMKN Bali Mandara yang merupakan sekolah unggulan milik pemprov setempat.

“Banyak yang salah persepsi sekolah ini hanya menerima siswa yang memenuhi syarat pintar tetapi miskin, itu salah, kita tetap menerima siswa dengan syarat utama harus miskin walaupun tingkat kecerdasannya kurang,” katanya saat acara pengukuhan atau inagurasi 286 siswa SMAN dan SMKN Bali Mandara, di Singaraja, Buleleng, Selasa (21/8/2018).

Menurut dia, kemiskinan menjadi halangan seseorang untuk maju, terkadang banyak siswa yang pintar tetapi karena mereka miskin akhirnya tidak bisa melanjutkan pendidikan.

“Di sinilah peranan kita, mendidik mereka yang tingkat kecerdasannya kurang agar bisa menjadi pintar. Kita patut berbangga, tiga tahun digembleng, keluar dari sini mereka bisa sukses. Itulah prestasi sebenarnya,” ujarnya.

Pastika menambahkan, mungkin banyak sekolah yang bagus dan melahirkan siswa-siswa pintar, namun itu juga karena siswa mereka pilihan dicari NEMnya yang tertinggi.

“Di sini kita harus buktikan, kemiskinan bukan halangan untuk bangkit. Asal diberikan kesempatan, saya yakin kalian pasti mampu,” ucapnya, seraya berharap para siswa baru bisa bercermin dari prestasi yang sudah ditorehkan para seniornya agar bisa berprestasi lebih baik lagi.

“Di sini kalian adalah satu, sebagai keluarga, jaga kekompakan, tiru prestasi kakak-kakak kelas kalian yang sudah sukses di tingkat nasional maupun internasional. Itu sebagai inspirasi dan motivasi agar bisa berprestasi lebih baik. Ingat kalian dibiayai dari uang rakyat Bali, jadi kalian harus bisa pertangungjawabkan,” kata Pastika.

BACA JUGA:  Amankan Pilkel Serentak, Dandim dan Kapolres Karangasem Pimpin Patroli Gabungan

Sementara itu, Kepala SMAN Bali Mandara Nyoman Darta menyampaikan siswa baru sebanyak 286 orang yang diterima pada tahun ajaran kali ini berasal dari seleksi pelamar sebanyak 1.245 orang. Dari total siswa yang diterima untuk siswa SMAN Bali Mandara sebanyak 131 orang, dan SMKN Bali Mandara sebanyak 155 orang.

Para siswa terpilih dari kabupaten/kota se-Bali diantaranya dari Kabupaten Buleleng sebanyak 171 orang, Karangasem 44 orang, Bangli 19 orang, Tabanan 17 orang, Gianyar 10 orang, Klungkung 9 orang, Jembrana 6 orang, serta Kabupaten Badung dan Kota Denpasar masing-masing 5 orang.

Seusai menghadiri acara inagurasi, Gubernur Pastika juga berkesempatan memberikan Kuliah Umum kepada mahasiswa baru STAHN Mpu Kuturan Singaraja yang turut dirangkaikan dengan penyerahan hibah gedung Rektorat. (tra)