Cabor Wushu Sumbang Medali Pertama untuk Indonesia

Edgar Xavier Marvelo, penyumbang medali pertama bagi Kontingen Indonesia setelah sukses mendulang perak dari cabang olah raga wushu di nomor changquan. (foto : GrandyosZafna/detikSport)

BBO.COM – Indonesia berhasil meraih medali pertama di arena Asian Games 2018 yang disumbangkan Edgar Xavier Marvelo setelah mendulang perak dari cabang olah raga (Cabor) wushu di nomor changquan.

Dalam final changquan di Hall B, JIEXPO Kemayoran, Minggu (19/8/2018), Xavier bersaing dengan 16 pewushu putra lain. Xavier berhasil membukukan nilai 9,72.

Xavier, yang berpredikat juara dunia wushu 2011 itu, dikalahkan pewushu China, Sun Peiyun. Dia mengantongi nilai 9,75. Dengan angka itu, Peyun diganjar medali emas.

Sementara itu, medali perak diraih Tsai Tsemin dari Taiwan. Dia mengoleksi nilai 9,70.
Sedangkan juara bertahan dari Korea Selatan, Lee Ha-sung, finis di peringkat ke-12 dengan mengantongi nilai 9,31.

Nomor changquan merupakan kemampuan seni (taolu) di wushu. Hari ini, wakil Indonesia lain di cabang olahraga wushu juga akan bertarung meski belum memperebutkan medali. Di antaranya, Lindswell Kwok di penyisihan taijiquan, peraih medali emas Asian Games 2014 Incheon Juwita Niza di nomor nanquan. Juga di nomor sanda (tarung), Abdul Haris di kelas 60 kg putra dan Puja Riyaya kelas 70 kg putra. (tra)

BACA JUGA:  Yabes Tanuri Ngaku Sulit Jawab Target Bali United di LCA