Gempa 6,7 SR Guncang Manggarai, BNPB Sebut Tak Berpotensi Tsunami

Gempa di Manggarai Barat, NTT.

BBO.COM – Gempa bumi kembali dirasakan masyarakat Denpasar dan Badung, Jum’at (17/8/2018) malam sekitar pukul 23:35 Wita. Dilansir dari Kantor Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Bali, gempa berpusat di Manggarai Barat, NTT.

Tepatnya, gempa bumi berkekuatan 6,7 Scala Richter tersebut terjadi di 125 kilometer barat laut Manggarai Barat, NTT dengan kedalaman 559 kilometer. Gempa dirasakan di Bima, Lombok Utara, Waingapu, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat, Kuta, Singaraja dan Denpasar.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB langsung memberikan keterangan dan menjelaskan jika gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

“BPBD setempat melaporkan gempa dirasakan sedang oleh masyarakat di Manggarai Barat selama 2-3 detik. Tidak ada kepanikan. Sebagian masyarakat keluar rumah. Belum ada laporan kerusakan rumah, bangunan dan adanya korban jiwa,” terang Sutopo Purwo Nugroho.

Dijelaskan, dari intensitas gempa yang dirasakan dikategorikan sedang dan umumnya tidak sampai menimbulkan kerusakan bangunan. Bangunan akan mengalami kerusakan parah jika menerima intensitas gempa lebih besar seperti di Lombok tempo hari.

“Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi bapak Frans, Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Manggarai Barat, via telpon di 0852-4236-4993,” jelas Sutopo. (agw)

BACA JUGA:  Demo Ricuh, Ini Klarifikasi Aktivis yang Copot Kain Hitam Penutup Logo KPK