Tarian Kolosal ‘Amurweng Bumi Nusantara’ Semarakkan HUT Kemerdekaan RI di Kota Denpasar

Tarian kolosal ‘Amurweng Bhumi Nusantara’ semarakkan peringatan Detik-detik Proklamasi di Kota Denpasar. (foto : ist)

BBO.COM – Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat (17/8/2018) di Kota Denpasar dilaksanakan di lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung. Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra bertindak selaku inspektur upacara.

Meski di bawah guyuran rintik hujan, pelaksanaan upacara tetap berlangsung khidmat dan lancar. Selain itu, peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini di Kota Denpasar dirancang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain mengikuti konsep apel secara nasional, peringatan HUT Kemerdekaan kali ini disemarakkan dengan penampilan tari kolosal bertema ‘Amurweng Bhumi Nusantara’, sehingga menyita perhatian banyak peserta dan undangan yang hadir, termasuk Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede bersama anggota DPRD lainnya, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, dan Forkompinda.

Tampak juga hadir Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra, Ketua Gatriwara Ny. Gusti Ngurah Gede, Ketua WHDI Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara dan Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara.

“Saya sangat mengapresiasi semua perserta upacara meski hujan tidak menghalangi untuk melaksanakan upacara secara khidmat,” ujar Rai Mantra.

Karenanya, lanjut Rai Mantra, ia minta semangat ini tetap ditanamkan terutama kepada generasi muda, karena ini (peringatan HUT Kemrdekaan RI) merupakan salah satu bentuk atau upaya kita menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme.

Tarian kolosal yang dibawakan para siswa SMKN 5 Denpasar mengisahkan Ratu Tri Bhuwana Tungga Dewi saat bertahta di kerajaan Majapahit, serta kekuatan sumpah Amukti Palapa patih Gajah Mada dalam mempersatukan nusantara menjadi pertujukan yang mengagumkan.

“Kreatifitas anak-anak ini harus kita apresiasi karena tetap bisa berkesenian dan menyisipkan pesan-pesan moral kemerdekaan,” ungkap Rai Mantra. (tra)

BACA JUGA:  Bupati Klungkung Minta Perbekel Awasi Warung Jangan Sampai Pasang Iklan Rokok