Gubernur Pastika Berbagi Kasih dengan 100 Veteran

Gubernur Bali Made Mangku Pastika bertatap muka dan berdialog dengan para anggota veteran di Wantilan DPRD Bali, JUmat (17/8/2018) (foto : ist)

BBO.COM – Gubernur Bali Made Mangku Pastika berbagi kasih dengan 100 veteran pejuang kemerdekaan di Pulau Dewata dalam rangka memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini tak diperoleh dengan cuma-cuma. Para pejuang mempertaruhkan nyawa dan kehormatan mereka untuk kemerdekaan yang kita nikmati saat ini,” katanya saat berbagi kasih dengan para veteran di Wantilan DPRD Bali, di Denpasar, Jumat (17/8/2018).

Dalam kesempatan itu, Pastika pun menceritakan perjuangan yang harus dilalui almarhumah ibundanya yang ikut dalam gerakan perjuangan. “Gadis-gadis pada masa itu ibarat melati di tapal batas. Mereka ikut berjuang dan tak sedikit yang jadi korban pemerkosaan,” ucapnya.

Mengingat besarnya pengorbanan para pahlawan, ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. “Jangan sampai perjuangan mereka sia-sia. Telah begitu banyak cucuran keringat, darah dan air mata yang dikorbankan untuk kemerdekaan bangsa ini,” ujarnya.

Gubernur Mangku Pastika dipeluk seorang veteran (foto : ist).

Khusus kepada generasi muda, Pastika yang mantan Kapolda Bali itu mengingatkan agar mereka jangan cengeng jika ingin betul-betul merdeka.

“Saat ini, bangsa kita tak lagi berjuang menghadapi penjajahan dalam bentuk invasi militer, tetapi bangsa Indonesia tetap harus mewaspadai penjajahan dalam bentuk lain seperti ekonomi, politik dan kebudayaan. Tentunya kita tak ingin lagi dikuasai bangsa asing,” katanya.

Sebagai wujud terima kasih, Pastika kemudian membagikan tali kasih berupa bingkisan kepada para veteran dalam kegiatan tersebut.

“Ini sebenarnya bukan pemberian dari kami, tapi utang yang harus kami bayar,” ujarnya seraya menghampiri para veteran untuk menyerahkan bingkisan yang diikuti oleh Ayu Pastika.

Pastika berharap, kegiatan berbagai kasih dengan para veteran dapat dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang di bawah kepemimpinan gubernur yang baru. (agw)

BACA JUGA:  Hantam Mobil Parkir Pinggir Jalan, Pengendara Motor Dilarikan ke Rumah Sakit