Eksekutif Usulkan Ranperda APBD-P tahun 2018 Kota Denpasar Rp2,06 Triliun

Wali Kota Denpasar, IB Rai Mantra menyerahkan Ranperda APBD-P kepada Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede pada Sidang Paripurna, Kamis (16/8).

BBO.COM – Sidang Paripurna ke-7 DPRD Kota Denpasar masa Persidangan II tahun 2018  yang mengagendakan usulan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD-P) tahun 2018 digelar Kamis (16/8) di gedung setempat.

Sidang yang dipimpin Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede dihadiri Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dan wakilnya IGN Jaya Negara serta Forkompinda Kota Denpasar.

Rai Mantra dalam pidato pengantarnya menjelaskan bahwa usulan APBD-P tahun 2018 ini didasarkan atas adanya penyesuaian terhadap penerimaan daerah baik yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Perimbangan dan Lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah.

“Ranperda APBD-P ini diusulkan dalam upaya memaksimalkan anggaran sebagai wujud nyata mewujudkan pembangunan Denpasar yang baik menuju kesejahteraan rakyat,” ujar Rai Mantra.

Lebih lanjut dijelaskan, pada Ranperda APBD-P tahun 2018 ini pendapatan daerah tahun anggaran 2018 setelah perubahan dirancang sebesar Rp2,06 triliun lebih atau meningkat Rp20,67 miliar lebih dari anggaran sebelum perubahan yakni Rp2,04 triliun lebih.

Anggaran sebesar itu terdiri atas PAD yang dirancang meningkat menjadi Rp855,07 miliar lebih atau meningkat sebesar Rp46,15 miliar lebih dari anggaran sebelum perubahan sebesar yaitu Rp808,92 miliar lebih.

Selain itu, dana perimbangan yang terdiri atas dana bagi hasil pajak, bagi hasil bukan pajak, dana alokasi umum, dana alokasi khusus yang dirancang Rp908,56 milyar lebih. Untuk dana lain-lain pendapatan daerah yang sah seperti halnya pendapatan hibah, dana bagi hasil pajak, bantuan keuangan serta dana transfer lainya dirancang sebesar Rp297,60 milyar lebih.

Sedangkan untuk belanja langsung dan tidak langsung setelah perubahan dirancang sebesar Rp2,35 triliun lebih dengan komposisi belanja langsung  50,78 persen dan belanja tidak langsung 49,22 persen.

BACA JUGA:  Perahu Nelayan Dihantam Ombak, 1 Orang Selamat dan 1 Meninggal di Rumah Sakit

“Dari usulan Ranperda APBD-P tahun 2018 ini kami berharap hasil yang terbaik dalam mendukung suksesnya pembangunan Kota Denpasar di segala lini, guna mencapai peningkatan taraf hidup masyarakat menuju kesejahteraan rakyat,” demikian Rai Mantra. (tra/hms)