Jokowi Naik Motor Trail, Temui Pengungsi Korban Gempa di Lombok

Presiden Joko Widodo mengunjungi tiga titik pengungsian menggunakan sepeda motor trail di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (14/8/2018). (foto : GarduOto.com)

BBO.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) di hari kedua kunjungannya ke Lombok Utara, Selasa (14/8/2018), mengunjungi tiga titik pengungsian menggunakan sepeda motor trail. Presiden dibonceng Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi menuju posko pengungsian di Dusun Terengan Desa Pemenang Timur.

Jokowi dan TGB naik motor trail milik TNI, melalui jalur menanjak menjangkau titik pengungsi di sekitar kaki bukit dusun setempat.

“Jarak tempuh saat Jokowi naik motor dengan TGB sekitar satu kilometer,” kata Kepala Penerangan Korem 162/WB (Kapenrem) Mayor Inf. Dahlan kepada wartawan.

Sampai di lokasi, Jokowi yang juga didampingi Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar berbincang dengan para pengungsi. Sebagaimana dia sampaikan ke pengungsi lainnya, Jokowi menjanjikan perbaikan rumah berat Rp 50 juta dan Rp 25 juta untuk yang rusak ringan.

“Pak Jokowi ditemui ratusan pengungsi di sana,” kata Kapenrem.

Sebelumnya Jokowi juga menemui pengungsi di kompelks Kantor Polsek Pemenang Lombok Utara. Calon Presiden untuk periode kedua itu menyapa para pengungsi dan membagi bagikan buku kepada anak anak.

Sebelumnya, Kepala Negara menyapa warga di posko pengungsian korban gempa yang ada di belakang Kantor Kepolisian Sektor Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Sama seperti kegiatan Senin (13/8/2018) malam, di Posko Penanggulangan Darurat Bencana (PDB) Gempa Lombok, Lapangan Tanjung, pada Selasa (14/8/2018) pagi  Jokowi didampingi para pejabat kenegaraan, menyapa warga pengungsian sekaligus membagikan sembako dan buku tulis gratis.

Dalam kesempatan berbincang dan berkumpul dengan warga pengungsian di halaman terbuka, Jokowi menuturkan bahwa pemerintah sudah siap membantu upaya pemulihan kondisi pascagempa, terutama dalam tahap rekonstruksinya.

“Yang rusak berat rumahnya, mau dibantu berapa?” tanya Presiden RI Jokowi kepada warga pengungsian seperti dikutip Antara, Selasa (14/8/2018).

BACA JUGA:  Menpan: Berkat Efisiensi Secara Masif, Pemda Berhasil Hemat Anggaran Rp110 Triliun Berkat Efisiensi

Pertanyaan yang sekaligus menjadi kalimat sapaan kepada warga pengungsian ini dengan sontak dibalas jawaban serentak. “Rp 100 juta pak,” ujar warga pengungsi menjawabnya serentak.

Dengan wajah tersenyum, Jokowi kemudian menjelaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan bantuan anggaran untuk rekonstruksi rumah yang terkena dampak gempa dahsyat pada Minggu (5/8/2018) malam itu.

“Jadi pemerintah sudah siapkan bantuan. Untuk rumah yang rusak berat dibantu Rp 50 juta, yang rusak sedang Rp 25 juta,” ucap Presiden RI, sembari menambahkan, untuk konstruksi bangunannya, jelas Jokowi, pemerintah melalui Kementerian PUPR, akan membantu warga dengan membuatkan desain rumah tahan gempa.