33 Rumah Adat Gurusina di NTT Ludes Diamuk Sijago Merah

Kebakaran di kampung adat Gurusina NTT. (foto : Merdeka.com)

BBO.COM – Kebakaran rumah adat kembali terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kali ini api melalap habis sebanyak 33 rumah di kampung adat Gurusina, Kecamatan Jerebuu, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (13/8/2018) petang.

Video amatir yang terekam kamera warga, memperlihatkan kobaran api dengan cepat melalap habis rumah-rumah berbahan kayu dan beratap alang-alang kering ini. Warga panik dan tidak bisa berbuat banyak.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran itu. Walau tidak ada korban jiwa, namun kerugian akibat peristiwa ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Untuk diketahui, kampung Gurusina dikenal sebagai salah satu kampung adat terkenal di kabupaten Ngada, selain kampung adat Bena.

Kampung ini menjadi salah satu destinasi yang diminati wisatawan baik mancanegara maupun domestik, dikarenakan unik oleh ciri tradisionalnya.

Kepala Dinas Pariwisata NTT, Marius Ardu Jelamu, Selasa (14/8) mengatakan, selain rumah adat, artefak peninggalan nenek moyang yang tersimpan didalam rumah pun ikut terbakar.

“Kebakaran ini menjadi pukulan berat bagi pariwisata kita, setelah kejadian yang sama di Gililawa, Manggarai Barat. Kita harap ada tanggapan dari pihak lain, untuk melakukan kembali rekonstruksi bangunan yang terbakar dan ini butuh waktu dan biaya yang cukup besar,” harapnya.

Untuk diketahui, kampung Gurusina dikenal sebagai salah satu kampung adat terkenal di kabupaten Ngada, selain kampung adat Bena.

Kampung ini menjadi salah satu destinasi yang diminati wisatawan baik mancanegara maupun domestik, dikarenakan unik oleh ciri tradisionalnya. (itn)

BACA JUGA:  Menteri Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Gerindra Minta Maaf ke Jokowi & Ma'ruf Amin