Polisi Masih Selidiki Sebab Kebakaran Pasar Batu Kandik

Pasar Anyar Sari saat terbakar (foto : agw)

BBO.COM – Tim Laboratorium Forensik dan Unit Identifikasi Polresta Denpasar menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Pasar Anyar Sari (Batu Kandik) Jalan Gunung Galunggung, Denpasar Utara yang terbakar beberapa hari lalu.

Kapolsek Denpasar Barat Kompol Andan Pandibu ditemui diruangannya menerangkan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan peristiwa terbakarnya 111 kios dan lapak di Pasar Anyar Sari.

Pasar Anyar Sari saat terbakar (foto : agw)

“Kita masih menunggu hasilnya (penyebab kebakaran) karena tim Labfor baru melakukan olah tkp. Namun dapat saya sampaikan bahwa sudah sepuluh orang kami mintai keterangan. Mereka merupakan pemilik kios yang turut terbakar,” ucap Kapolsek, Senin (13/8/2018).

Terkait informasi jika penyebab kebakaran adalah sebuah kompor milik salah satu pedagang, Kompol Adnan belum bisa menyimpulkan. Tetapi jika menilik dari beberapa peristiwa kebakaran yang pernah terjadi, pihaknya menduga penyebabnya dari konsleting listrik.

“Itu baru dugaan karena seperti yang kita tau, intalansi listrik di tempat-tempat seperti pasar tidak tertata dengan baik. Colokan listrik kadang digunakan untuk berbagai keperluan,” kata Kapolsek.

Terkait dengan kondisi kios para pedagang, Adnan menyebut hanya pihak pengelola pasar yang lebih tau. “Yang kami dengar antara pedagang dan pengelola pasar telah menggelar pertemuan. Informasinya para pedagang yang kiosnya terbakar minta direlokasi untuk sementara waktu agar bisa berjualan. Kalau lokasinya dimana, dan apa itu benar silahkan konfirmasi ke pihak pasar,” terangnya.

Dari data awal disebutkan, sebanyak 111 kios maupun lapak habis terbakar. “Sepertinya lebih tapi tidak sampai 120 karena selain yang 111, ada sekitar 5 yang turut ikut terbakar tapi tidak parah,” urai Kapolsek Adnan.

BACA JUGA:  Sekda Badung Serahkan SK Pengangkatan 8 Kepsek SD

Seperti diberitakan sebelumnya , Pasar Anyar Sari (Batu Kandik), Sabtu (11/8/2018) sekitar pukul 12:30 Wita dilalap api. Dirut PD Pasar Kota Denpasar Ida Bagus Kompyang Wiratnata menyatakan, kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai miliaran rupiah.

“Yang terbakar blok 1 dan blok 2 dimana para pedagang kebanyakan berjualan bahan upacara, buah dan barang lain. Dari total 590 kios di Pasar Anyar Sari Batukandik, sebanyak 111 kios habis yang terbakar,” ucapnya.

Peristiwa tersebut tak ayal membuat para pedagang menangis histeris. Mereka tampak shock melihat barang dagangan dan kios tempatnya mencari nafkah selama ini, ludes dilalap api dalam beberapa jam. Selain kios dan barang dagangan, sebuah mobil pick up milik pedagang janur juga turut terbakar.

Proses pemadaman yang dilakukan BPBD Kota Denpasar dan mobil damkar milik Pemkab Badung berjalan lamban lantaran api cukup besar akibat angin kencang serta bangunan kios yang sebagian besar berupa bangunan semi permanen. (agw)