Garuda Pancasila dan Gamelan Bali Iringi Jokowi-Ma’ruf Amin Daftar ke KPU

Patung Garuda Pancasila berukuran besar mengawal pendaftaran pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin, di Jakarta, Jumat (10/8/2018). (foto : CNN Indonesia)

BBO.COM – Pasangan bakal calon presiden-wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin resmi mendaftar ke KPU, Jumat (10/8/2018). Patung Garuda Pancasila besar dan gamelan Bali mengiringi proses tersebut.

Sebelum datang ke KPU, Jokowi-Ma’ruf Amin serta ratusan pendukungnya memulai konvoi dari Gedung Joang 45, di kawasan Cikini, Jumat (10/9/2018) pagi.

Guna memeriahkan konvoi itu, sekelompok relawan Jokowi yang berasal dari Bali membawa patung berbentuk Garuda Pancasila setinggi sekitar 2,5 meter.

Tampak patung tersebut dilapisi oleh kertas karton yang dicat berwarna emas. Konstruksi dalamnya menggunakan kerangka kayu.

Relawan Jokowi di halaman kantor KPU, Jakarta. (foto : CNN Indonesia)

Patung tersebut mengalungi perisai-perisai yang didalamnya terdapat logo dari masing-masing sila Pancasila.

Salah satu relawan Jokowi yang membawa patung tersebut, Made, mengatakan peralatan dan bahan-bahan untuk membentuk patung itu sengaja dibawa dari Bali dan dibuat di Jakarta.

Ia sengaja membuat patung itu untuk dibawa saat melakukan konvoi pendaftaran Jokowi-Maruf ke KPU.

“Ini sengaja kita bentuk untuk memeriahkan acara pendaftaran Jokowi ke KPU,” ujarnya, dilansir CNN Indonesia.

Selain terdapat patung Garuda, terdapat pula iring-iringan dua mobil hias berukuran besar yang ikut konvoi pendaftaran Jokowi ke KPU.

Tampak pula iring-iringan relawan yang menggunakan kostum tradisional dari seluruh Indonesia ikut serta dalam konvoi tersebut.

Tak hanya patung Garuda Pancasila, warga Bali juga menyumbangkan bunyi-bunyian yang mewarnai ajang pendaftaran capres-cawapres itu.

Tabuhan gamelan dan alat perkusi khas Bali itu menyambut kedatangan Jokowi-Ma’ruf Amin di kantor KPU. (itn)

BACA JUGA:  Erdogan: Pejabat Tinggi Arab Saudi Perintahkan Pembunuhan Kashoggi