UVJF 2018 Harapkan Tumbuhkan Animo Mahasiswa, Target 4.000 Penonton

Ubud Village Jazz Festival 2017 (foto : The Beat Bali)

BBO.COM – Penyelenggara festival musik Ubud Village Jazz Festival (UVJF) 2018 berharap festival tahunan dan bergengsi tersebut bisa meraup 4.000 penonton. Festival akan digelar selama dua hari (10-11 Agustus 2018).

“Kami dari penyelenggara menargetkan 4.000 pengunjung akan menyaksikan festival musik Ubud Village Jazz Festival (UVJF) yang tahun ini kembnali digelar untuk kali yang keenam,” kata Co-founder UVJF, Yuri Mahatma kepada awak media, di Denpasar, Kamis (9/8/2018).

Dijelaskan, pada tahun lalu, UVJF 2017 dikunjungi sekitar 3.000 orang penonton. “Tahun ini, kami optimis target 4.000 pengunjung dapat tercapai,” ujarnya.

Sebelum festival digelar, pihak penyelenggara juga mengadakan workshop dan pelatihan dengan narasumber kelompok musik asal New York, Benny Green Trio. Pelatihan diikuti puluhan mahasiswa di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Kamis (9/8/2018).

“Kegiatan ini merupakan sebuah dedikasi untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat musik Jazz kepada kalangan mahasiswa,” kata Vice President UVJF, Astrid Sulaiman.

Ubud Village Jazz Festival 2017 (foto : The Beat Bali)

Dalam kegiatan itu, pianis kenamaan Benny Green, yang menggandeng dua musisi lain untuk membentuk formasi trio, membagikan pengalamannya kepada para peserta “workshop”.

Para peserta juga tampak antusias menyimak penjelasan Benny Green Trio yang selain berdiskusi juga memberikan contoh dengan memainkan beberapa lagu dan komposisi musik Jazz.

Banyak peserta yang terpancing untuk kemudian menanyakan dan mengetahui langsung mengenai teknik di dalam musik Jazz, seperti ‘voicing’ dengan menggunakan tangan kiri, variasi ‘coda’, serta bagaimana formasi trio membuat nyaman pemain satu dan pemain lainnya, kata Astrid.

Kegiatan yang didukung oleh Prodi Musik ISI Denpasar itu diikuti sekitar 35 orang yang terdiri dari mahasiswa ISI dan di luar ISI, bahkan ada juga peserta yang datang khusus dari Jakarta hanya untuk mengikuti kegiatan itu.

BACA JUGA:  Porkab Tabanan Pertandingkan 12 Cabor

“Itu membuktikan bahwa antusias masyarakat khususnya mahasiswa sangat tinggi terhadap musik Jazz,” ujar Astrid. (itn)