Danrem 163/Wira Satya Tutup TMMD Ke 102 di Desa Delod Brawah, Jembrana

Upacara penutupan TMMD Ke 102 Kodim 1617/Jembrana di Lapangan Umum Desa Delod Brawah, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana.(foto : ist)

BBO.COM – Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi memimpin upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 102 Kodim 1617/Jembrana, Rabu (8/8/2018) bertempat di Lapangan Umum Desa Delod Brawah, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana.

Pada kesemapatan tersebut Danrem membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional atau PJO TMMD Ke 102 Tahun 2018. Dalam amanatnya Kasad menyebutkan bahwa pembangunan wilayah desa merupakan salah satu realisasi dari kebijakan nasional Nawacita yang ingin mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran.

“Peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan adalah turut serta pada kegiatan TMMD Ke 102 Tahun Anggaran 2018 yang diselenggarakan selama 30 hari dari tanggal 10 Juli sampai dengan 8 Agustus 2018. TMMD yang dilaksanakan 3 kali dalam setahun ini juga merupakan wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI,” kata Kasad.

Pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, khususnya tentang tugas TNI pada OMSP yaitu memperdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta dan membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan keaejahteraan masyarakat.

Sementara itu, ribuan warga setempat memadati Lapangan Umum Desa Delod Brawah. Warga tampak antusias karena dalam penutupan Satgas TMMD menyiapkan pasar sembako murah, hiburan tarian cempaka putih dan tari kreasi makepung. Yang tidak kalah menarik adalah demonstrasi makepung yang melibatkan sebanyak 5 pasang kerbau makepung.

Upacara penutupan TMMD Ke 102 Kodim 1617/Jembrana.(foto : ist)

Upacara penutupan TMMD Ke 102 diakhiri dengan peninjauan hasil sasaran fisik antara lain Jalan rabat beton sepanjang 862 meter, turunan landasan kerbau makepung, MCK dan Program Bedah Rumah bagi warga kurang mampu, I Made Sudi Sinarbawa asal Desa Delod Brawah.

Sejumlah undangan yang hadir antara lain Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa, Sekda Pemkab Jembrana I Made Sudiada, Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav Djefry Maraono Hanok, Kapolres Jembrana AKBP Saragih, Para Kabalak Kodam IX/Udayana, ibu-ibu Persit, Bayangkari, Perebekel (Kades) Delod Brawah I Made Rentana dan sejumlah undangan lainnya seperti Ormas, SKPD serta pelajar/ pramuka. (agw)