44 Penembakan Terjadi Selama 14 Jam di Chicago, 5 Orang Tewas

Foto Ilustrasi 

BBO.COM – Kota Chicago di negara bagian Illinois, Amerika Serikat (AS), sempat mengalami malam yang mencekam pada Minggu, 5 Agustus lalu. Malam itu, polisi mencatat 44 kasus penembakan terjadi dalam waktu hampir 14 jam.

Dalam insiden penembakan yang disebut terburuk di Chicago selama hampir dua dekade terakhir itu, lima orang dilaporkan tewas, dan puluhan lainnya luka-luka.

Dikutip dari CNN pada Senin 6 Agustus 2018, polisi menyebut bahwa serangkaian penembakan, termasuk di dalamnya baku tembak, terjadi sejak Minggu dini hari, sekitar pukul 1.30 waktu setempat.

Hingga matahari terbit, dilaporkan bahwa 30 orang tertembak, dan dua di antaranya tewas karena pendarahan hebat.

“Kota Chicago mengalami malam yang penuh kekerasan,” kata Kepala Biro Patroli Fred Waller. “Beberapa kasus (penembakan) ini ditargetkan dan terkait dengan konflik antar geng di berbagai kawasan sub-urban Chicago.”

Ditambahkan Waller, dalam setidaknya satu insiden penembakan, seorang pelaku diketahui memuntahkan peluru ke sebuah kerumunan kecil di pinggir jalan yang ramai.

Dari keseluruhan korban luka, tercatat yang tertua berusia 62, dan yang paling muda adalah seorang bocah 11 tahun.

Sebelum tragedi penembakan 14 jam itu, dilaporkan pula sebanyak enam kasus penyalahgunaan senjata api pada Jumat 3 Agustus, dan 15 kasus baku tembak, sehari setelahnya, yang menyebabkan satu korban luka parah.

Pihak kepolisian metropolitan Chicago mengatakan bahwa kota itu tengah berjuang menanggulangi angka kasus penembakan dan tingkat pembunuhan yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir, meski pada 2017 sempat dilaporkan turun masing-masing 30 persen dan 25 persen.(tra / itn)

BACA JUGA:  Kawasan Wisata Kuta Dipadati Pengunjung, Polresta Denpasar Rutin Gelar Patroli