Pramono Beri Sinyal, Satu Partai akan Gabung Kubu Jokowi

BBO.COM

Pramono Anung. (foto : Hms Setkab)

 – Koalisi Joko Widodo memberikan sinyal bakal ada satu partai lagi yang bergabung untuk bertarung di Pilpres 2019. Hal tersebut diungkap oleh mantan Sekjen PDIP Pramono Anung di Istana, Selasa (7/8/2018).

Pramono yang juga Sekretaris Kabinet ini tak mengungkap lugas. Tapi dia beri isyarat, Jokowi akan didukung oleh 10 partai politik saat daftar ke KPU nanti.

“Ya pokoknya lihat saja nanti yang dukung Pak Jokowi 9 atau 10 parpol. Kita lihat saja 9 atau 10 parpol,” ungkap Pramono.

Jokowi saat ini didukung oleh sembilan parpol. Enam dari parpol yang berada di DPR yakni PDIP, Golkar, PKB, Hanura, PPP dan NasDem. Tiga dari parpol di luar DPR yakni PKPI, PSI dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Sayang, Pramono enggan mengungkap partai politik mana yang akan bergabung dalam koalisi pendukung Jokowi.

“Kita lihat nanti pada saat tanda tangan pencalonan presiden dan wakil presiden. Apakah jumlah parpol pendukungnya 9 atau 10,” kata Pramono.

Di kubu oposisi, Gerindra telah sepakat untuk bersama Demokrat melawan incumbent Joko Widodo. Sementara PKS tegas menutup rapat untuk bergabung dengan koalisi Jokowi.

PAN hingga kini belum menentukan sikapnya. Rencananya, partai pimpinan Zulkifli Hasan itu baru akan bersikap usai Rakernas yang digelar 9 Agustus nanti. Meski dalam komunikasi jelang pendaftaran capres, PAN lebih intens ke kubu Gerindra, tapi para elite partainya tak menutup peluang untuk berkoalisi dengan Jokowi. (sdn/itn)

BACA JUGA:  Kunjungi LP Perempuan di Hari Kasih Sayang, Istri Wali Kota Denpasar Menangis