BPBD Denpasar Bantu Evakuasi Wisatawan dari Gili Trawangan

Ribuan wisatawan mancanegara berhasil dievakuasi dari Gili Trawangan, NTB ke Bali. (foto :ist)

BBO.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar bersama Polair Polda Bali, Polresta Denpasar dan para pelaku pariwisata yang ada di daerah ini turut ambil bagian dalam evakuasi wistawan mancanegara yang sedang berada di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat pada Senin (6/8/2018) malam.

Evakuasi tersebut dilakukan pasca gempa berkekuatan 7 SR yang mengguncang Pulau Lombok, NTB yang berdampak terhadap beberapa obyek wisata di daerah itu. Ribuan turis asing yang sedang berlibur di tiga Gili di Pulau Lombok terjebak lantaran transportasi terhenti akibat peristiwa alam  yang menewaskan lebih dari 100 orang meninggal dan ribuan rumah dan bangunan rusak.

Kalak BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa saat dikonfirmasi Selasa (7/8/2018) pagi mengatakan, sedikitnya ada 1.500 wisatawan berhasil di evakuasi dengan menggunakan Kapal Bounty dan Pantagonia.

Petugas BPBD Kota Denpasar bantu evakuasi wisatawan dari Gili Trawangan, NTB.

“Kami bersinergi dengan segala instansi terkait untuk membantu evakuasi wisatawan yang terjebak di Gili Trawangan dan sekitarnya menuju titik aman,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa keseluruhan proses evakuasi berjalan lancar pada pukul 24.00 Wita hingga pukul 02.00 Wita dini hari. Untuk kelancaran jalannya evakuasi, BPBD Kota Denpasar menerjunkan dua unit mobil ambulance dan tenaga kesehatan.

Puluhan tenaga kesehatan itu membantu untuk memastikan kesehatan para wisatawan yang terdiri dari wisatawan nusantara dan mancanegara tetap dalam kondisi baik.

 “Sebagai daerah terdekat (Bali), tentu sesuai dengan arahan pimpinan kami wajib membantu segala proses terkait kebencanaan. Salah satunya adalah membantu evakuasi wisatawan dengan memberikan beragam pelayanan seperti akomodasi dan cek kesehatan,” ungkap Joni Ariwibawa. (tra)

BACA JUGA:  Karena Kecewa, Pengurus dan Kader PKS di Bali Ramai-ramai Mundur