Singapura Sumbang Rp 1,4 Miliar untuk Korban Gempa di Lombok

Perdana Menteri Lee Hsien Loong

BBO.COM – Presiden Singapura, Halimah Yacob, dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong menyampaikan rasa belasungkawa mendalam atas musibah gempa yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018) malam.

Ucapan belasungkawa itu disampaikan kepada presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui surat resmi. Keduanya juga menawarkan bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk meringankan penderitaan para korban.

“Singapura menawarkan bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional untuk korban gempa. Kami selalu bersama rakyat Indonesia dalam masa-masa sulit ini,” tulis PM Lee dalam suratnya, dikutip dari Channel News Asia, Senin (6/8/2018).

Kementerian Luar Negeri Singapura mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan dana sumbangan sebesar USD 100.000 atau Rp 1,4 miliar untuk para korban bencana gempa yang digalakkan Palang Merah Singapura (SRC).

Selain itu, SRC juga akan menambah bantuan sebesar USD 50.000 melalui program penggalangan dana dari masyarakat Singapura dan juga mengirim tim untuk menyebarkan bantuan tersebut.

“Kami berencana mengerahkan tim untuk membantu proses distribusi bantuan. Secara terpisah, relawan SRC juga akan mendistribusikan pasokan medis dan selimut ke daerah Lombok Barak,” demikian pernyataan Kemenlu Singapura.

Sebagaimana diketahui, gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter yang mengguncang Lombok telah memakan korban jiwa sebanyak 91 orang. Bahkan ribuan bangunan rusak akibat bencana ini. (itn)

BACA JUGA:  Kubu Prabowo Dituding Pakai Jasa Konsultan Asing Sejak 2014