Rusia Tunjuk Aktor Steven Seagel sebagai Perwakilan Hubungan dengan AS

Steven Seagel

BBO.COM – Kementerian Luar Negeri Rusia dalam pernyataan di Facebook mengumumkan aktor laga Steven Seagal sebagai ‘perwakilan khusus’ yang ditunjuk untuk menjalin hubungan kemanusiaan dengan Amerika Serikat.

Menurut pernyataan mereka, Seagal akan berperan mempromosikan hubungan Rusia-AS dalam bidang kemanusiaan, khususnya pada aspek kebudayaan, masyarakat, dan pertukaran pelajar.

Dilansir dari laman CNN, Senin (6/8), Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan peran Seagal yang tak berbayar itu serupa dengan duta Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Seagal yang menjadi warga negara Rusia pada 2016 adalah teman dekat Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia sempat menghadiri upacara pelantikan Putin sebagai presiden untuk periode selanjutnya pada Mei lalu.

Aktor laga itu belakangan menjadi pendukung Putin, termasuk membela Rusia ketika ramai tudingan pemerintah Rusia campur tangan dalam pemilu AS.

“Bagi siapa pun yang berpikir Vladimir Putin terlibat dalam pemilu atau Rusia punya teknologi untuk melakukan itu, adalah bodoh,” kata dia ketika diwawancara stasiun televisi INggris ITV tahun lalu.

“Propaganda semacam ini adalah pengalihan isu supaya rakyat Amerika tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi,” kata dia menambahkan.

Dalam wawancara itu juga Seagal mengatakan Putin adalah sosok ‘pemimpin dunia yang hebat’ dan ‘ahli strategi’.

BACA JUGA:  Ny Putri Koster Masuk 5 Terbaik Lomba Fashion Show Baju Adat