Longsor di Nepal Tewaskan Delapan Orang

Longsor di Nepal

BBO.COM – Peristiwa longsor menewaskan seorang wanita dan sedikitnya tujuh anak di Nepal pada akhir pekan lalu.

Sementara itu, pejabat setempat pada Senin (6/8/2018), mengeluarkan peringatan tentang ancaman lebih banyak longsor dan banjir bandang akibat hujan deras.

Di bawah guyuran hujan, regu penyelamat di kota Bheri, sekitar 310 kilometer barat ibu kota, Kathmandu, masih mencari satu bocah laki-laki yang hilang setelah menyelamatkan satu orang.

“Tentara dan polisi menggali lumpur dengan sekop untuk mencari remaja pria 12 tahun yang hilang,” kata Krishna Prasad Khatiwada, pejabat tinggi pemerintah di Bheri, kepada Reuters melalui telepon.

Anak-anak yang meninggal berusia tiga hingga sebelas tahun.

Banjir bandang dan longsor di musim hujan pada Juni-September lazim terjadi di sebagian besar pegunungan Nepal, tempat delapan dari 14 gunung tertinggi di dunia, termasuk Everest,berada.

Samir Shrestha, pejabat dinas ramalan cuaca di Kathmandu, menyatakan kemungkinan ada lagi longsor dan banjir bandang karena hujan deras diperkirakan terjadi di daerah perbukitan di Nepal tengah dan barat hingga Selasa.

Penduduk di Terai, wilayah dataran rendah selatan, yang berbatasan dengan India, diperingatkan untuk berhati-hati terhadap banjir karena ketinggian air meningkat di banyak sungai, katanya. (itn)