Gempa Lombok Dimata Netizen Asing: “Terjadi Kekacauan di Pelabuhan, Semua Orang Ingin Meninggalkan Lombok”

Salah satu sarana pariwisata tampak porak poranda akibat gempa. (Foto: Patzy Susanna Pätäri)

BBO.COM – Pasca gempa berkekuatan 7.0 SR yang mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018) turut menyita perhatian warga asing yang tinggal di pulau yang juga disebut ‘Pulau Pedas’ itu. “(Keadaan) Ini sangat buruk. Terjadi kekacauan di pelabuhan (Lembar), semua orang (Wisman) berusaha ingin keluar pulau (Lombok)”, tulis Patzy Susanna Pätäri, dalam akun Facebooknya. Dia juga mengunggah puluhan foto kerusakan bangunan pasca gempa.

Pemandangan pada salah satu ruas jalan di Lombok (Foto: Patzy Susanna Pätäri)

Postingan yang 32 kali dibagikan itu mendapat respon beragam dari netizen. Pada umumnya mereka prihatin mendengar kabar serupa yang terjadi di tempat yang sama hanya berselang 7 hari. “Ya ampun, itu (sangat) memilukan”, komentar seorang netizen, Erick James. “Jauh lebih buruk dari yang kubayangkan”, Rami Hurme menambahkan.

Sebelumnya dikabarkan, gempa berlokasi di 8.37 LS, 116.48 BT dengan kedalaman 15 Kilometer dan gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami.

“Meski prediksi gelombang paling tinggi hanya setengah meter, tapi kami minta masyarakat segera jauhi bibir pantai dan mencari tempat yang jauh lebih tinggi. Upayakan untuk tetap tenang dan tidak panik,” ungkap Kepala BMKG Pusat, Dwikorita Karnawati di Jakarta, Minggu (5/8/2018).

Gempa yang getaranya dirasakan sampai di Banyuwangi, Jawa Timur itu juga merusakkan sejumlah bangunan di Bali serta merenggut 2 korban jiwa. (BBO)

BACA JUGA:  Bawa 9 Penumpang, Pesawat Dimonim Air Hilang Kontak di Pegunungan Bintang Papua