Gempa 7 SR Guncang NTB, Rusakan Bangunan dan Kendaraan di Bali

Kerusakan dipertokoan Duta Plaza, Denpasar (foto : ist)

BBO.COM – Gempa bumi berkekuatan 7.0 Skala Richter mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (5/8/2018) pada pukul 18.46 WIB, dirasakan hingga sejumlah daerah, salah satu di antaranya Pulau Bali.

Selain membuat masyarakat panik, peristiwa alam tersebut juga menimbulkan kerusakan pada sejumlah bangunan dan merusakan beberapa unit kendaraan roda dua dan roda empat.

Tembok rumah roboh di Subagan, Karangasem. (foto : ist)

Dari pantauan BBO.com di lapangan, menyebutkan, kerusakan umumnya terjadi pada pagar bangunan dan atap rumah (genteng dan plafon) yang berjatuhan menimpa benda-benda yang ada di bawahnya, termasuk mobil dan sepeda motor yang sedang diparkir.

Di kompleks pertokoan Duta Plaza yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika, Denpasar misalnya, di tempat ini warga maupun karyawan yang ada di dalam sempat panik dan berhamburan keluar. Sedikitnya ada dua unit mobil mengalami kerusakan akibat tertimpa atap dan genteng bangunan.

Hal yang sama juga terjadi di kompleks pertokoan Udayana, Jalan Sudirman, Denpasar. Di tempat ini satu unit toko mengalami kerusakan pada bagian kaca dan plafon. Demikian pula di Mall Bali Galeria, yang berlokasi di Jalan.By Pass Ngurah Rai, Kuta.

Sementara kerusakan juga terjadi pada fasilitas di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yang menyebabkan plafon bangunan ambrol.

Kerusakan plafon bangunan di bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. (foto : ist)

Kerusakan berikutnya juga terjadi padea satu unit rumah di Desa Subagan, Kabupaten Karangasem dan tembok pagar kantor PLN di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Gempa yang mengguncang Pulau Dewata itu, juga membuat sejumlah pasien yang sedang menjalani perawatan di RSUP Sanglah dan beberapa rumah sakit swasta di Denpaswar terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

BACA JUGA:  Danrem Dukung Gerakan 'Kedas' Sampah Plastik yang Digagas DPD Peradah dan PD KMHDI Bali

Kepanikan juga dialami oleh warga masyarakat Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, terutama yang bermukim di kawasan pesisir. (sdn)