Tujuh Atlet Kabaddi Undiksha Unjuk Gigi di Asian Games 2018

Atlet Kabaddi Undiksha yang akan berlaga di Asian Games 2018. ( foto : Ant)

BBO.COM – Sebanyak tujuh atlet kabaddi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja akan unjuk gigi di pesta olahrag akbar dan bergengsi tingkat Asian (Asian Games) 2018 yang berlangsung di Jakarta-Palembang pada 18 Agustus – 2 September mendatang.

Dalam keterangan persnya, Jumat (3/8/2018), Rektor Undiksha Dr. Nyoman Jampel MPd, menyatakan bangga dengan dengan prestasi mahasiswa dan dosen Undiksha yang terpilih menjadi atlet nasional dalam Asian Games 2018. “Ini menunjukkan di bidang olah raga, civitas akademika Undiksha cukup diperhitungkan di tingkat nasional.

Dijelaskan, mereka yang terpilih mewali Indonesia di ajang bergengsi itu sebagian besar adalah adalah mahasiswa dari Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) dan seorang mahasiswa dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Selama di Asian Games, ketujuih atlet tersebut akan didampingi pelatih Kadek Yogi Parta Lesmana, dosen Penjaskesrek Undiksha.

Ditambahkan, dengan berlaga di Asian Games, Undiksha menunjukkan kepada publik sebagai salah satu perguruan tinggi besar di Bali. Sejak berdiri, Undiksha memberi ruang kepada mahasiswa untuk melakukan kegiatan akademik dan nonakademik.

Sementara pelatih Kadek Yogi Parta Lesmana mengatakan seleksi nasional dilakukan sekitar November 2017 lalu. Saat itu, mahasiswa dan dosen di lingkungan FOK Undiksha dan fakultas lain banyak yang mendaftar.

Tim putra dan putri masing-masing diikuti oleh 10 orang atlet dan empat orang pelatih. Atlet dan pelatih ini bersama atlet dari provinsi lain seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Kalimantan. Saat ini atlet Kabaddi sedang menjalani TC di Bali.

Menyinggung target di Asian Games, Yogi Parta Lesmana menyatakan tidak membebani anak asuhnya dengan target apapun. Mengingat, Kabaddi merupakan cabang olahraga baru, bahkan Indonesia masih dianggap tim lemah di cabang olah raga ini.

Kendati demikian dia tetap meminta anak asuhannya tampil maksimal di Asian Games 2018 dan berharap bisa membawa pulang medali, sehingga bisa mengharumkan nama Undiksha khususnya dan Bali pada umumnya di even tingkat nasional. (sdn)