Tidak Selamanya Buruk, Ini Manfaat Mengejutkan dari Anggur Merah

Foto : merdeka.com

BBO.COM – Seberapa sering Anda minum anggur merah dalam seminggu? Namun, tahukah Anda bahwa anggur juga memiliki beberapa manfaat mengejutkan?

Sebagai permulaan, anggur memang termasuk ke dalam daftar racun bagi tubuh. Ketika tubuh berusaha memecah anggur merah yang anda minum, proses ini akan melepaskan racun yang dapat merusak sel-sel di dalamnya.

Semakin banyak Anda meminumnya, semakin banyak juga kerusakan yang terjadi, terutama pada hati, karena sebagian besar alkohol dipecah oleh hati. Sedangkan beberapa penelitian justru menemukan bahwa anggur merah dapat mengurangi peradangan, membuat oksida nitrat, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti dilansir dari self.com.

Benarkan mengonsumsi wine bisa menurunkan risiko diabetes?

Sebagian besar penelitian menggarisbawahi resveratrol, polifenol yang ditemukan pada kulit anggur. Anggur merah difermentasi bersamaan dengan kulit anggur dan anggur merah memiliki lebih banyak resveratrol daripada anggur putih.

Namun, tidak hanya anggur, kacang dan blueberry juga mengandung resveratrol. Sedangkan kandungan resveratol dalam anggur sangat kecil, sehingga Anda harus minum banyak anggur untuk menerima dosis yang setara.

Menurut studi yang diterbitkan oleh Clinical Nutrition pada tahun 2014 menyebutkan bahwa konsumsi alkohol yang ringan dapat bermanfaat untuk menunda penuaan otak. Konsumsi antara satu hingga dua gelas dalam satu hari dikaitkan dengan fungsi kognitif yang bermanfaat menurunkan risiko demensia.

Sayangnya, baru-baru ini, American Institute for Cancer Research dan World Cancer Research Fund menerbitkan sebuah laporan yang mengatakan bahwa alkohol dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Terlepas dengan semua kebaikan dan keburukannya, pilihan untuk minum anggur merah dan berapa banyak yang Anda konsumsi tergantung pada pilihan masing-masing individu. (tra)

BACA JUGA:  Suami Dirawat di Rumah Sakit, Istri di Rumah Meninggal Dunia