KMP Liputan XII Kandas di Selat Bali, 25 Penumpang Berhasil Dievakuasi

Tim gabungan berhasil mengevakuasi penumpang di KMP Liputan Xll yang kandas di Selat Bali. (foto : ist)

BBO.COM – KMP Liputan XII yang melayani jalur penyeberangan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur menuju Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, kandas di Perairan Selat Bali, Jumat (3/8/2018).

KMP Liputan XII kandas di posisi 300 KM dari LCM Pelabuhan Gilimanuk karena arus deras di selat Bali. Sementara sebanyak 25 penumpang yang berada di dalam kapal berhasil dievakuasi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar Ketut Gede Ardana menjelaskan, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi pada 2 Agustus 2018 dan berlaku hingga 5 Agustus 2018. Terdapat pola tekanan tinggi di perairan barat Australia yang memicu terjadinya peningkatan kecepatan angin timuran mencapai 55 KM Perjam.

“Akibat pengaruh alam ini, selat bali termasuk menjadi wilayah yang berpeluang terjadi gelombang tinggi 4 hingga 6 meter,” terangnya, saat dikonfirmasi awak media.

Ardana juga menjelaskan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar menerima informasi kandasnya kapal sekitar dini hari tadi, Jumat (3/8) sekitar pukul 01.00 WITA, yakni satu jam setelah kejadian.

Selanjutnya, permintaan bantuan evakuasi segera ditindaklanjuti dengan menggerakkan personel siaga SAR Pelabuhan Gilimanuk menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB). Akhirnya, pada pukul 02.40 WITA, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 23 orang penumpang dan selanjutnya 2 penumpang lainnya telah dievakuasi sekitar pukul 05.15 WITA.

Untuk melakukan evakuasi penumpang, petugas mengerahkan 11 personel yang dibantu anggota SAR lainnya, serta Polair Polres Jembrana, TNI AL Gilimanuk dan KP3 Gilimanuk. Bersyukur, semua penumpang yang ada di dalam kapal berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan kondisinya baik. (tra)

BACA JUGA:  Dit Intelkam Polda Bali Ajak SGB Cegah Penyebaran Covid-19