Verifikasi KPU Gianyar, Tidak Memenuhi Syarat Langsung Digugurkan

Komisioner KPU Gianyar Putu Agus Tirta Suguna

GIANYAR – Pasca usainya batas  daftar calon dan syarat calon anggota serta pengajuan bakal calon pengganti yang berakhir Selasa (31/7),  KPU Gianyar pun bersiap untuk melakukan verifikasi kepada masing-masing caleg yang diajukan parpol sebelumya.

Selanjutnya, hasil verifikasi ini akan disusun menjadi Daftar  Calon  Sementara (DCS) untuk diumumkan kepada masyarakat  untuk mendapatkan masukan. Tahapan ini  berlangsujng dari tanggal 12 hingga 14 Agustus, Hal ini diungkapkan komisioner KPU Gianyar Putu Agus Tirta Suguna saat ditemui Kamis (2/8/2018).

Menurut Agus Tirta Suguna, seluruh parpol peserta Pemilu sudah menyerahkan hasil perbaikan dan penenuhan  syarat calegnya Selasa (31/7).  Namun, ada beberapa caleg yang batal dimajukan karena tak penuh syarat. “Saat ini kami masih proses verifikasi, sehingga bisa langsung menyusun DCS,” ujarnya.

Disinggung masih adanya waktu untuk pergantian caleg, Agus Tirta Suguna mengatakan , sesuai dengan aturan yang ada, hanya ada peluang untuk perganrtian caleg perempuan. Itupun jika berpengaruh terehadap kuota perempuan. Namun untuk caleg pria dipastika akan langsung dicoret. ”Untuk caleg perempuan jika berpengaruh degan kuota, masih bisa dilakukan pergantian, sedangkan yang lainnya dipastikan langsung dicoret,” terangya.

Putu Agus Tirta Suguna mengatakan, dari kuota 40 jatah kursi di DPRD Gianyar, tak semua parpol bisamemenuhinya. Ada beberapa parpol yang hanya mengajukan caleg di sejumlah dapil saja. Alasannya, mereka kesulitan untuk mendapatkan caleg. Bahkan ada parpol yang hanya menyetorkan caleg untuk 1 dapil saja.  Setelah verifikasi dilakukan, akan dilanjutkan untuk mengumumkan daftar calon tetap (DCT)  tanggal 14 sampai  20 September 2018.

Ditemui di kantor KPU Gianyar. Ketua Partai Hanura Gianar Dewa Alit Budiana mengatakan, sejumlah calegnya memilih mundur saat pencalegan dengan  beragam alasan. Kondisi ini membuatnya tak bisa menenuhi kuota di setiap dapil.  “Untuk Hanura, kami hanya mengajukan celeg penuh sesuai kuota di Dapil Gianyar, sedangkan yang lainnya tidak bias,” jelasnya. Diakui, dari kuota 40 caleg, Hanura hanya menyertakan sebanyak 29 orang caleg. Padahal hasil Pemilu lalu, Hanura berhasil menempatkan 3 kadernya di kursi DPRD Gianyar.

BACA JUGA:  Enam Orang Tewas Akibat Ledakan Pabrik Karbon di China

Meskipun jumlah Caleg yang didaftarkan Hanura tidak memenuhi kuota kursi di DPRD Gianyar. Namun dengan totol 29 orang Caleg ini, Hanura masih lebih bagus dari sejumlah partai lainnya. Seperti, PKPI yang hanya memiliki 16 Caleg, PKS (6 Caleg), Partai Berkarya (17 Caleg), Partai Garuda (18 Caleg) dan PSI (9 Caleg).(yes)